Dirpolair Mabes Polri Sebut Penanganan Arus Mudik di Banten Jauh Lebih Baik

Mada Mahfud
Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M Yasin Kosasih. Foto: iNews Cilegon/Budi Tan

CILEGON, iNewsCilegon.id – Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yasin Kosasih menilai penanganan arus mudik Lebaran 2023, khusunya di wilayah Provinsi Banten, jauh lebih baik dibanding momen serupa pada tahun 2022.

Menurut Yasin, ada banyak pembenahan yang dilakukan agar penanganan arus mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun ini saya tidak melihat adanya spot kemacetan lalu lintas, khususnya di wilayah Banten,” kata Yasin saat meninjau tiga pelabuhan penyeberangan di wilayah Banten, Selasa (18/4/2023).

Yasin menilai kebijakan mengoperasikan tiga pelabuhan penyeberangan untuk tiga jenis kenderaan berbeda di wilayah Banten berdampak positif pada kelancaran arus mudik dari Jawa menuju Sumatera. 

“Alhamdulillah, saya lihat di Banten sudah ada tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak, Pelabuhan BBJ, dan Pelabuhan Ciwandan. Dengan pengoperasian tiga pelabuhan ini, saya melihat pemerintah benar-benar telah siap mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini,” paparnya. 

Meski demikian, sebagai Kasub Satgas Bantuan Operasi Pengamanan Ketupat Lebaran 2023, Yasin tetap meninjau langsung tiga pelabuhan penyeberangan tersebut untuk melakukan supervisi langsung terhadap anak buahnya dalam menjalankan tugas.

Khusus pada momen arus mudik Lebaran 2023, dia mengungkapkan, Direktorat Polairud Baharkam Polri mengerahkan sejumlah kapal patroli mulai Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali.

Menurut dia, Direktorat Polairud Baharkam Polri juga bertugas mem-back up kewilayahan. “Satgas ini dari Mabes, tetapi juga bertugas membantu kewilayahan,” katanya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network