Doa Paling Sering Dibaca Nabi, Doa Sapujagat Selamat Dunia Akhirat

M Mahfud

CILEGON, iNews.id - Nabi Muhammad SAW paling sering membaca doa keselamatan dunia dan akhirat. Doa ini juga dikenal sebagai doa sapujagat.

Setiap kaum muslimin pasti selalu ingin mendapatkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.  Berikut doa memohon keselamatan dunia dan akhirat yang tercantum dalam Alquran dan Hadits.

Selamat di dunia berupa terbebas dari bahaya, dari bencana, jauh dari malapetaka. Sedangkan selamat di akhirat artinya dijauhkan dari siksa api neraka dan dijaga ketika dihisab.

Dari Anas radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa doa yg paling sering dibacakan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah : "ALLOHUMMA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA 'ADZAABAN NAAR." (Artinya: Ya Allah, karuniakan) kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami si di nerakaksa)." (HR.Bukhori dan Muslim).

Doa dunia akhirat di atas senada dengan yg terdapat dalam ayat Al-Qur'an berikut :

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA 'ADZAABAN NAAR.

Artinya: Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia, berikan pula kepada kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201).

Dalam riwayatnya, Imam Muslim juga menambahkan : "Jika Anas radhiyallahu 'anhu berdoa, ia berdoa dengan doa tersebut. Jika ia ingin berdoa dengan doa yg lain, ia pun menyisipkan doa tersebut di dalamnya." (HR.Muslim).

Editor : Usep Sholehudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network