Raden Mas Dorodjatun menjadi ASN Pertama di Indonesia, Siapakah Dia?

Ila Nurlaila Sari/net
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 11:17 WIB
Raden Mas Dorodjatun/Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi ASN Pertama di Indonesia (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kini bernama Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pekerjaan yang paling diinginkan oleh banyak orang saat ini. 

Setiap ada lowongan pembukaan ASN, sudah dipastikan puluhan ribu orang akan bersaing demi mendapatkan pekerjaan tersebut.

Bicara soal ASN, taukah kamu siapa ASN pertama di Indonesia? Berikut ini iNewsCilegon.id akan mengulas siapa dia!

Dilansir dari berbagai sumber, ASN pertama di Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001. 

Info ini didapat dari unggahan akun Twitter resmi Pemerintah Daerah Yogyakarta humas_jogja

Unggahan tersebut diunggah pada 29 November 2019 lalu tepatnya pada saat HUT Korpri ke-48. Akun tersebut mengunggah gambar kartu keanggotaan ASN milik Sri Sultan.

"Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah ASN pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001," tulis humas_jogja dalam unggahannya.

Dari gambar tersebut tertera NIP, nama, tanggal lahir, hingga tahun jadi pegawai. Dari foto itu, tertera kalau Sri Sultan menjadi ASN sejak tahun 1940.

Foto kartu ini juga dilengkapi dengan tanda tangan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) A.E Manihuruk. Tokoh ini lah yang mengangkat dan melegalkan Sri Sultan menjadi seorang PNS.

Pemilik nama asli Gusti Raden Mas Dorodjatun ini menjabat selama 48 tahun dari tahun 1940 hingga 1988. 

Paling tinggi jabatannya adalah Wakil Presiden ke-2 Indonesia pada tahun 1973-1978. Tak cuma itu, Sri Sultan juga pernah menjabat Wakil Perdana Menteri ke-5 yang menjabat pada tahun 1950.

Selanjutnya, dia menduduki beberapa jabatan menteri, mulai dari Menteri Pertahanan pada tahun 1948-1949, hingga menjabat Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri Indonesia pada tahun 1966-1973. 

Naah sekarang tahu ya siapa ASN pertama di Indonesia?

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini