get app
inews
Aa
Read Next : Tak Banyak yang Tahu, Biji Labu Ternyata Bikin Prostat Tetap Greng!

Ampuh Redakan Radang Sendi, ini Segudang Manfaat Es Batu untuk Kesehatan yang Patut Kamu Ketahui

Minggu, 20 November 2022 | 13:10 WIB
header img
Manfaat es batu ampuh redakan radang sendi (Foto: Ilustrasi).

iNewsCilegon.id - Tidak banyak orang yang menyadari bahwa es batu ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Es digunakan dalam berbagai bentuk pengobatan, misalnya pada luka memar, bekas terbakar, dan lain sebagainya. 

Penasaran apa saja manfaat es batu untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya! 

1. Mengobati Nyeri Tumit (Plantar fasciitis)

Karena berbagai penyebab, seseorang bisa saja mengalami nyeri tumit berkepanjangan. Jika enggan mengonsumsi obat dokter, kamu bisa menggunakan es batu sebagai terapi.

Kamu cukup mengompres bagian yang sakit atau merendam kaki ke dalam baskom berisi air bercampur es batu. Lakukan hal ini 3-4 kali sehari, masing-masing selama 15-20 menit.

2. Mengatasi Radang Sendi

Es batu sudah cukup lama digunakan dalam pengobatan radang sendi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengompres bagian yang sakit selama 10-15 menit.

Gunakan waslap untuk membungkus es batu dan tempelkan pada lokasi yang memerlukan penanganan. Ulangi hal ini beberapa kali dalam sehari hingga gejala nyeri hilang.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Kamu cukup menggunakannya sebagai kompres di bagian di sekitar area yang sakit untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Menempelkan es batu langsung pada bagian yang sakit mungkin cukup efektif, namun akan menimbulkan rasa sakit dan syok pada kulit. Agar efeknya tidak terlalu kuat, kamu bisa menggunakan waslap.

4. Mengatasi Bekas Terbakar Matahari

Sunburn (bekas terbakar matahari) yang terlalu parah kadang membuat kulit tidak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan es batu untuk meredakan rasa sakit dan inflamasi. Mengoleskannya perlahan akan membuatmu nyaman kembali.

Selain itu, kandungan air juga akan menghidrasi kulit sehingga tidak sampai kekeringan. Namun ingat, jangan menempelkan es batu pada luka bakar serius karena akan membuat kulit syok sehingga memperparah kondisi.

5. Mengobati Sakit Akibat Serangga

Gangguan lain yang bisa kamu atasi dengan es batu adalah gigitan serangga. Untuk mengatasi rasa gatal, bentol, hingga bengkak, kamu bisa menggunakan es batu sebagai kompres (bisa menggunakan waslap untuk menghindari syok pada kulit).

6. Meredakan Bengkak dan Mengurangi Nyeri

Bengkak pada bagian tubuh bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya jatuh atau masalah tubuh tertentu. Namun yang bikin lebih tidak nyaman adalah rasa nyeri yang menyertai. Sebagai pertolongan darurat, kamu bisa menggunakan es batu sebagai kompres.

Caranya cukup mudah, yaitu bungkus es batu dengan waslap kemudian tempelkan pada bagian yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Ulangi proses ini setiap satu jam. Jangan langsung menempelkan es batu pada kulit karena bisa menimbulkan pembekuan darah.

7. Menurunkan Demam

Demam adalah gejala yang paling sering muncul saat seseorang jatuh sakit atau terinfeksi virus. Jangan diremehkan karena suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan sebagai masalah serius.

Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa menggunakan es batu sebagai kompres untuk menurunkan panas.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut