get app
inews
Aa
Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

3 Daerah Paling Angker di Indonesia, Nomor 2 Pusatnya Bisnis Gaib

Rabu, 11 Januari 2023 | 10:05 WIB
header img
3 daerah mistis di Indonesia. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Masing-masing daerah memang mempunyai karakteristik dan budaya sendiri-sendiri. Namun, beberapa dari kota ini disebut yang paling mistis di Indonesia.

Beberapa kota mistis di Indonesia ini tidak bisa lepas dari berbagai mitos dan cerita yang berkembang di masyarakat.  

Lalu daerah mana sajakah yang terkenal mistis? Berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum iNewsCilegon.id dari berbagai sumber. 

1. Banten

Saat Sultan Maulana Hasanuddin tahun 1532-1570 memerintah, kesenian debus dipertontonkan dengan cara menusuk perut dengan tombak, mengiris bagian tubuh dengan golok, memakan api, sampai menusukkan jarum kawat ke lidah. 

Secara histori, Banten dan debus memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Debus merupakan kesenian yang memperlihatkan kemampuan luar biasa manusia. Misalnya kebal air maupun kebal senjata. Bahkan, kesenian ini sudah ada sejak abad ke-16.

2. Pati

Di setiap akhir pekan, akan banyak tamu yang berasal dari luar kota mengunjungi Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang merupakan pasien dari sejumlah paranormal di sana. Dengan kata lain, satu-dua orang ngetop, maka yang lainnya akan ikut nongol. 

Selama ini Pati ternyata dikenal sebagai pusat bisnis gaib dan diyakini mempunyai markas besar Paguyuban Paranormal Indonesia. Wajah dari Kabupaten Pati bisa dilihat lewat baliho besar yang menawarkan jasa alternatif pemecahan masalah di sudut kota. 

3. Banyuwangi

Kawasan Banyuwangi mendapatkan banyak julukan. Salah satunya adalah Bumi Blambangan, lantaran tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Blambangan. 

Sementara itu, julukan Kota Santet juga diyakini sudah ada sejak peristiwa memilukan 100 orang terbunuh secara misterius lantaran memakai ilmu santet. 

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten terluas di Jawa Timur dan bahkan di Pulau Jawa. Luas Banyuwangi mencapai 5.7 kilometer persegi. 

Wilayahnya cukup beragam karena terdiri atas pegunungan, daratan, hingga pantai. Bagian selatan adalah perkebunan dan kawasan konservasi yang dilindungi oleh cagar alam, yaitu Taman Nasional Meru Betiri.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut