get app
inews
Aa Read Next : Wow! Santri Pintu Langit Cilegon Terjun Bersihkan Sampah di Seba Badui

Tips Sehat Prof Zubairi, Tetap Bugar di Usia 70-an

Sabtu, 18 Desember 2021 | 08:58 WIB
header img
Prof. Dr.dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM (twitter ProfZubairi)

JAKARTA, iNews.idProf Zubairi Djoerban dalam usia 74 tahun tetap sehat dan energik. Spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi-Onkologi (Kanker) ini membagikan tipsnya. 

Prof. Dr.dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM membagikan tips sehat saat berdiskusi dengan Odha (Orang dengan HIV AIDS) di Yayasan Pelita Ilmu, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (17/12/2021).

Menurut Prof Zoebairi, ia menjalani gaya hidup sehat dengan mengombinasikan pola makan, olahraga, tidur yang cukup, menghindari rokok dan narkoba. Sisi rohani juga dikembangkan dengan selalu berpikir konstruktif.

Pionir dalam penanganan Odha di Indonesia ini menjelaskan untuk konsumsi sayur dan buah sebanyak 5 kali sehari. “Bisa 3 kali sayur dan 2 buah atau sebaliknya,” katanya.

Sedangkan olahraga dilakukan selama 150 menit per minggu.” Tidak perlu banyak-banyak, yang penting dilakukan secara konstan,”  ujar pendiri Yayasan Pelita Ilmu.

Dokter yang praktik di Rumah Sakit Kramat 128, Jakarta ini menekankan tidur yang cukup, sangat penting guna memulihkan tubuh. “Untuk sehat kita juga harus cukup tidur 8 jam, minum 2 liter, stop rokok dan hindari minuman beralkohol apalagi narkoba,” terangnya.

Sisi psikis juga penting. Caranya dengan  saling tolong menolong dalam kebaikan, mau memaafkan,  dan saling mendoakan. “Sisi psikis tidak boleh dilupakan agar pikiran selalu sehat. Pikiran sehat kontribusinya sangat besar bagi tubuh sehat,” ujar dokter yang dikenal ramah dan murah senyum. 

Prof Zubairi lalu mengutip definisi sehat menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO). Mereka mendefinisikan  definisi sehat adalah kondisi sempurna baik fisik, mental, dan kesejahteraan sosial. 

“Jadi sehat itu bukan berarti hanya kondisi tidak adanya penyakit atau lemah fisik saja,” pungkas Prof Zubairi.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut