Sejarah Baru! Kartu Putih Dikeluarkan oleh Wasit saat Duel Sporting vs Benfica, Ini Artinya

Insan Sujadi
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 05:42 WIB
Sejarah baru! Kartu Putih Dikeluarkan oleh Wasit saat Duel Sporting vs Benfica, Ini Artinya. Foto: sportbible.com

BENFICA, iNewsCilegon.id - Selama puluhan tahun penggemar sepak bola hanya melihat wasit mengeluarkan kartu kuning atau kartu merah ketika bertugas. Tapi, untuk pertama kalinya dalam sejarah ada kartu putih yang dikeluarkan oleh wasit.

Biasanya kartu kuning dikeluarkan wasit untuk memberi peringatan kepada pemain setelah melakukan pelanggaran. Meski demikian, pemain masih bisa melanjutkan pertandingan.

Sedangkan kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras atau menerima kartu kuning kedua. Akibatnya, pemain itu harus meninggalkan lapangan.

Lalu, bagaimana dengan kartu putih? Kepada siapa itu diberikan dan apa maksudnya? Itu terjawab pada duel lanjutan Liga Portugal Wanita antara Benfica vs Sporting CP.

Laga  yang berlangsung Sabtu (21/1/2023) itu berakhir 5-0 untuk kemenangan SL Benfica Wanita selaku tuan rumah. Tapi, ada hal menarik ketika babak pertama berlangsung.

Saat kedudukan masih 3-0, wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih. Itu pertama kalinya kartu putih dikeluarkan dalam pertandingan sepak bola.

Itu terjadi saat tim medis ingin menolong pemain yang membutuhkan bantuan. Kronologisnya, ada satu pemain di bangku cadangan yang merasa tidak sehat pada akhir babak pertama dan butuh pertolongan medis.

Biasanya hanya tim medis dari klub si pemain saja yang memberi pertolongan. Tapi, kali ini tim medis dari kedua klub sama-sama menuju lokasi untuk memberi bantuan.

Tim medis dari kedua tim saling bekerja sama untuk menolong pemain yang diduga cidera tersebut. Lalu, wasit mengeluarkan kartu putih dan menunjukkan kepada kedua belah pihak.

Usut punya usut, ternyata kartu putih dikeluarkan wasit untuk mengapresiasi sikap fair play yang ditunjukkan kedua tim. Ini juga untuk mengajak klub-klub sepak bola lainnya untuk ikut menjunjung tinggi fair play.

Portugal menjadi negara negara pertama yang memberlakukan kartu putih, selain kartu kuning dan kartu merah. Baru kali ini terjadi sejak kartu kuning dan merah digunakan mulai Piala Dunia 1970.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini