get app
inews
Aa
Read Next : Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Wafat di Usia 94 Tahun

Disnaker Cilegon Buka Pelatihan Operator Excavator dan Forklift

Kamis, 04 Mei 2023 | 17:52 WIB
header img
Plt Kepala Disnaker Kota Cilegon Panca Widodo (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Disnaker Kota Cilegon membuka pelatihan kerja untuk operator excavator dan forklift. Pendaftaran pelatihan dibuka mulai  2 Mei hingga 6 Mei 2023.

Kepala UPTD Latihan Kerja pada Disnaker Cilegon Khairiyah mengatakan, pihaknya membuka pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Cilegon, dengan pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

"Dalam dua hari ini kita sudah membuka pendaftaran, sampai saat ini sudah 500-an lebih yang mendaftar, dengan kuota yang sangat terbatas," kata Khairiyah, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon, Kamis (4/5/2023).

Persyaratan peserta pelatihan kerja tersebut antara lain memiliki KTP Kota Cilegon, usia 18 minimal tahun dan maksimal 35 tahun, memiliki AK1 atau kartu kuning.

"Kita memang prioritaskan untuk warga Kota Cilegon, dengan link pendaftaran seperti yang sudah di share di sosial media," jelasnya.

Khairiyah mengungkapkan, kuota yang disediakan untuk program jurusan forklift yakni sebanyak 60 orang dengan tiga angkatan. Sedangkan untuk program jurusan ekskavator sebanyak 16 orang dan hanya satu angkatan.

Selain seleksi administrasi, ada juga yang tes tertulis dan wawancara. Ini dilakukan untuk mengukur keseriusan peserta dalam mengikuti pelatihan.

"Pelaksanaan pelatihan ini selama 20 hari. Pendaftar yang dinyatakan lulus nantinya akan mendapatkan sertifikasi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)," kata dia.

Plt Kepala Disnaker Kota Cilegon Panca Widodo mengharapkan, melalui program BLK angka pengangguran di Kota Cilegon bisa terus menurun dan mewujudkan masyarakat yang produktif, memiliki keahlian, pekerjaan atau membuka lapangan kerja yang baru.

"Untuk sementara kami memang belum langsung menempatkan karena tergantung kebutuhan dari perusahaan, kalau memang perusahaan kita informasikan ke teman-teman," tuturnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut