get app
inews
Aa Read Next : Wow! Santri Pintu Langit Cilegon Terjun Bersihkan Sampah di Seba Badui

Biro Pariwisata Taiwan Ajak Masyarakat Indonesia Kunjungi Taiwan

Jum'at, 01 September 2023 | 23:21 WIB
header img
Director of Taiwan Tourism Bureau KL Office, Abe Chou; Deputy Representative Taipei Economic & Trade Office in Indonesia, Steve Chen; dan Director of Press Information Taipei Economic and Trade Office in Indonesia, Dr. Morgan Yang berfoto bersama.

JAKARTA, iNewsCilegon.id -- Wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan mulai terlihat pulih sekitar 90 persen. Sejak Januari hingga Juni 2023 tercacat ada 95.820 orang Indonesia yang mengunjungi Taiwan. Data positif ini dimanfaatkan Biro Pariwisata Taiwan mengikuti event KOMPAS Travel Fair yang digelar pada 1-3 September 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD).

Rombongan delegasi pariwisata Taiwan yang terdiri dari 29 dari 17 unit dari dari asosiasi pariwisata, travel agent, hotel dan industri terkait lainnya tiba di Jakarta pada Senin (28/8/2023). Mereka akan menggelar dua kali work shop B2B promosi pariwisata Taiwan. Yaitu pada 29 Agustus 2023 di The Westin Jakarta, dan JW Marriott Hotel Medan pada 30 Agustus 2023.

Pada work shop B2B perdananya di The Westin Jakarta, Selasa (29/8/2023), Direktur Taiwan Tourism Bureau KL Office Abe Chou mengatakan, rombongan delegasi kali ini menitikberatkan pada ‘Program Percepatan dan Perluasan untuk Menarik Wisatawan Internasional’, dengan memberikan kesempatan mendapatkan undian berhadiah senilai NT$ 5.000 atau setara dengan Rp 2,5 juta bagi wisatawan yang berlibur di luar paket tour.

"Selain itu ada pemberian subsidi senilai NT$ 5.000-NT$ 20.000 kepada masing-masing badan organisasi di luar negeri dan dalam negeri yang mengatur grup wisata, mendukung industri pariwisata Indonesia dan Taiwan untuk memperbesar kekuatan pengiriman wisatawannya," kata Abe Chou dalam press rilisnya.

Abe Chou berharap dengan upaya keras bersama ini dapat mencapai target 150 ribu wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan untuk tahun 2023. Selain itu diharapkan juga bisa membantu pencapaian target 6 juta wisatawan dari seluruh dunia, bahkan berupaya untuk dapat melampaui jumlah sebelum pandemi yaitu 220 ribu orang.

Abe Chou manambahkan bahwa sekarang ini kami mengeluarkan wisata tematik, mungkin kalau dulu selalu ikut grup tour besar. Tapi sekarang sudah berubah, mereka lebih ke FIT, atau mungkin dengan cara lainnya mengeluarkan tematiknya dengan rel kereta misalnya. "Jadi bisa melihat bunga sakura menggunakan kereta. Atau bisa ke Jiufen melihat festival lentera menggunakan kereta," katanya.

Senada dengan Abe Chou, Deputy Representative Taiwan Economic and Trade Office in Indonesia, Steve Chen mengatakan bahwa subsidi berupa undian berhadiah NT$ 5.000 akan diberikan kepada warga Indonesia yang datang ke Taiwan. Dengan promosi ini Taiwan sebisa mungkin menjalin kerja sama yang lebih baik lagi dengan Indonesia.

"Seperti misalnya, saat kami ini berusaha untuk memberikan lingkungan ramah muslim. Secara jangka panjang perlahan tapi pasti kami memberikan lingkungan wisata ramah muslim dengan menambah masjid-masjid, kemudian juga di stasiun ada tempat sembahyang dan lain sebagainya dengan harapan  semakin banyak wisatawan muslim termasuk juga wisatawan Indonesia ke Taiwan," kata Steve Chen kepada wartawan, Selasa (30/8/2023).

Di Taiwan, sambung Steve Chen, sekarang sudah ada sekitar 300 ribu pekerja imigran dari Indonesia. Kemudian juga ada 16 ribu pelajar Indonesia di Taiwan. Hingga Juni, sudah ada 90 ribu wisatawan Indonesia yang datang ke Taiwan. Dengan kerja sama ini saya berharap dapat mencapai target 100 ribu wisatawan Indonesia yang datang ke Taiwan.

"Diharapkan juga untuk wisata tidak hanya sebagai wisatawan saja, tapi juga bisa mengundang keluarga dari pekerja imigran ataupun pelajar untuk bisa datang ke Taiwan menjenguk keluarganya yang ada di Taiwan, mungkin anak atau ayah ibunya bisa ikut berwisata," tutup Steve Chen.

Pada event KOMPAS Travel Fair yang digelar tiga hari ini, Paviliun Taiwan tampil dengan tema utama Bubble Milk Tea. Tema ini adalah perpaduan pemandangan malam Taipei 101, Queen Head Yehliu Geopark, Sun Moon Lake, Alishan, Taroko Hualien, dan lainnya. Diharapkan masyarakat Indonesia dapat mengenal Taiwan melalui paviliun ini.

Selain itu, Paviliun Taiwan juga menyediakan tempat berfoto dan check in seakan-akan pengunjung sudah berada di Taiwan. Paviliun Taiwan menyatukan dan menyajikan pertunjukan dari para juara di berbagai bidang, menampilkan multi kultural dan adat istiadat Taiwan dan pengalaman yang tidak terlupakan.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut