get app
inews
Aa Read Next : Gunakan Truk Dapur Lapangan, Brimob Polda Banten Bikin Masakan untuk Pemudik di Merak

Kapolda Banten Lepas 300 Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan

Selasa, 09 April 2024 | 05:45 WIB
header img
Irjen Abdul Karim tengah berbincang-bincang dengan para pemudik. Foto: Budi Tan

CILEGON, iNews Cilegon.id - Kapolda Banten Inspektur Jenderal Abdul Karim didampingi Wakapolda dan Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi  melepas 300 pemudik sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten pada Senin 8 April 2024 malam. 

Terlihat, Irjen Abdul Karim berada di barisan depan para pemudik sepeda motor. Dia berbincang-bincang dengan para pemudik. Dia mengimbau kepada pemudik supaya berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas dalam arus mudik ini.

"Hati-hati berkendara. Saya doakan semoga selamat sampai tujuan," tuturnya.

Irjen Abdul Karim mengatakan situasi arus lalu lintas di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten sudah berangsur normal. Menurut dia, tidak ada antrean kendaraan di pelabuhan yang difungsikan untuk mengangkut pemudik sepeda motor.

"Saya mengecek di (Pelabuhan,-red) Ciwandan. 300 kendaraan bermotor pemudik. Tidak ada antrean kendaraan masih terkontrol," kata dia

Dia mengungkapkan durasi masa tunggu di buffer zone untuk mengangkut penumpang sekitat 30 menit. Kata dia, pemudik tidak membutuhkan waktu lama untuk naik ke atas kapal

"Paling lama 30 menit menunggu kumpul semua. Durasi tidak lama," ujarnya.

Dalam kesempatan Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi menyarankan para pemudik motor untuk lebih memprioritaskan keselamatan. 

"Keselamatan nomor satu, jangan ngebut dan istirahat kalau letih," kata Leganek.

Seorang pemudik bernama Indanarto membagikan pengalamannya saat mudik dari Jakarta menuju Kotabumi, Provinsi Lampung pada H-2 Lebaran. Dia merasa mudiknya kali ini lancar

"Kali ini mudik benar-benar perjalanan lancar jaya," kata dia.

Indananto berangkat dari Jakarta pada hari ini, pukul 14.30 WIB sampai di Pelabuhan Merak pada pukul 18.00 WIB. Waktu yang ditempuh 3 jam 30 menit.

"Seperti tidak mudik. Kalau jalan hari biasa malah banyak tersendat," tuturnya.

Dia mengapresiasi kinerja Polri, Kementerian Perhubungan, dan Jasa Marga atas upaya menjamin keamanan dan keselamatan pemudik

Sementara itu, Maman, sopir truk sembako, mengatakan sudah memprediksi kemacetan sudah berkurang di H-2 Lebaran atau Senin 8 April 2024.

Sehingga, dia menilai tepat menempuh perjalanan ke Pagar Alam, Sumatera Selatan pada hari ini.

"Saya membaca berita terjadi puncak kemacetan di Merak pada Sabtu kemarin. Sehingga, saya diminta mengantarkan barang pada Senin ini," kata dia.

Dia menambahkan upaya mensiasati jadwal keberangkatan bermanfaat agar dapat mengantarkan barang tepat sampai di tujuan. 

"Sopir, sopir lain bisa mencoba cara ini," tambahnya

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut