get app
inews
Aa Read Next : Sabu 30 Kg Diselundupkan Lewat Pelabuhan Merak, 2 Pelaku Ditangkap Polres Cilegon

Agar Lancar di Merak, Kapolri Imbau Mudik Lebih Awal dan di Siang Hari

Selasa, 26 April 2022 | 16:50 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal dan di siang hari di Pelabuhan Merak (Foto: Budi Tan/iNews Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat mudik lebih awal untuk mengurai puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada 28 - 30 April 2022 di Pelabuhan Merak. Kapolri juga menyarankan agar pemudik memilih waktu siang hari guna memecah antrian di malam hari yang menjadi kebiasaan di Pelabuhan Merak.

Imbauan Kapolri disampaikan saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak, Selasa (26/4/2022). Dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolri hadir Bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan stakeholder terkait lainnya.

Kedatangan Kapolri dan sejumlah menteri disambut Kapolda Banten Irjen Pol Prof Dr Rudy Heriyanto,  Pejabat Utama Polda Banten, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono dan Staf Ahli Direksi PT ASDP Irjen Pol Eko Daniyanto. Turut hadir pula Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugianto.

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden, agar mudik lebih awal," kata Kapolri Sigit usai meninjau Pelabuhan Merak.

Kapolri mengungkapkan dari dari hasil pemantauan memang sudah terjadi peningkatan arus mudik. Ia berharap, arus mudik semakin naik sebelum tanggal 28-30 April 2022. Dengan demikian pada tanggal 28-30 April, tidak terjadi puncak mudik karena terurai sejak awal.

"Kita lihat bahwa, dari mulai kemarin dan hari ini kegiatan arus mudik sudah mulai terlihat dan tentunya ini sangat baik khususnya untuk mengurai kemacetan. Puncak arus mudik diperkirakan pada H-4, H-3, H-2 dan H-1. Kalau ini bisa kita urai tentunya kemacetan pun kita harapkan bisa semakin kurang," ujar Sigit.

Sigit juga menyarankan pemudik untuk memanfaatkan mudik di pagi, siang dan sore hari. Pasalnya arus mudik dalam beberapa hari terakhir, antrian Panjang terjadi pada dini hari.

Dalam tinjauannya ke Pelabuhan Merak kali ini, Sigit beserta Menteri terkait juga mengecek langsung kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Sementara terkait keamanan masyarakat yang hendak mudik, Sigit menegaskan personel keamanan meningkatkan pemantauan dan pengawasan yang koordinasinya berlangsung di posko Command Center.

"Tadi di pos pam di monitor bagaimana semua terkoneksi dengan BNPB dan stakeholder lainnya termasuk situasi-situasi yang memang harus diketahui dengan menggunakan CCTV dan tersambung Command Center kita lihat semua terkoneksi dengan baik,” terang Sigit.

“Tentunya harapan kita ini juga bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat yang akan mudik," tutur mantan  Kapolda Banten tersebut.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut