get app
inews
Aa Read Next : Seba Baduy 2024 Resmi Dibuka, 40 Ribu Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Lebak

Cegah Terorisme di Banten, BNPT Perkuat Sinergi dengan TNI, Polri dan Instansi Terkait

Kamis, 02 Juni 2022 | 21:12 WIB
header img
BNPT bersama Personel TNI - Polri dan Instansi Terkait menggelar kegiatan untuk meningkatkan sinergi dalam mencegah dan menanggulangi ancaman terorisme di Banten. Kegiatan berlangsung 2-3 Juni 2022 (Foto: Ist)

SERANG, CilegoniNews – Sejumlah daerah memiliki tingkat kerawanan ancaman terorisme yang cukup tinggi, salah satunya di Banten. Untuk itu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kegiatan untuk memperkuat sinergi dengan personel TNI, Polri dan instansi terkait di Banten,

Kegiatan tersebut bertema "Penguatan  & Kompetensi Personel TNI - Polri dan Instansi Terkait dalam Rangka Mendukung Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Banten". Kegiatan berlangsung selama dua hari (2-3 Juni 2022) di Serang, Banten.

Peserta yang hadir antara lain perwakilan personel Batalyon Infanteri 320, Makorem 064/MY, Lanal Banten, dan Grup 1 Kopassus. Sedangkan dari unsur Polri, hadir personel dari Roops Polda Banten, Ditintelkam Polda Banten, Ditsamapta Polda Banten, Sat brimob Polda Banten, Ditpolairud Polda Banten.

Sementara instansi lainnya diantaranya Kesbangpol Provinsi Banten, Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham Banten, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Tangerang, Kelas II Cilegon, Kantor Kesyabandaran dan Otoritas pelabuhan Kelas I Banten, dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah  VIII Prov Banten.

Deputi 2 Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhaendra, SIK dalam sambutan yang dibacakan Direktur Pembinaan Kemampuan BNPTBrigjen Pol Wawan Ridwan, SIK, SH, MH menyatakan kegiatan pencegahan terorisme di Banten sangat penting.

“Penguatan kapasitas dan kompetensi penanggulangan terorisme di wilayah Banten sangat diperlukan mengingat potensi radikalisme dan kerawanan ancaman tindakan terorisme cukup tinggi di Banten,” kata Brigjen Pol Wawan Ridwan.

Menurut Wawan salah satu faktornya adalah lokasi geografis Banten yang berada di ujung Pulau Jawa bagian barat. Dengan demikian pelaku terorisme dari Pulau Sumatera lebih mudah menjangkau.

"BNPT sebagai badan koordinator merespon dengan berbagai upaya salah satunya dengan kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personel TNI/Polri dan instansi terkait  dalam rangka Penanggulangan terorisme di Provinsi Banten," jelasnya

Wawan berharap, lewat kegiatan ini  terjalin sinergitas seluruh elemen bangsa dalam menciptakan  negara Indonesia yang kondusif terbebas dari ancaman terorisme.

"Dengan kegiatan ini sinergi seluruh kekuatan bisa terus ditingkatkan sehingga situasi keamanan di Indonesia  semakin kondusif," tutur Wawan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut