Ternyata Ini Arti Tanda Bulatan Kuning dan Merah di Dinding Ban Mobil

Aulia Adlinsyah Nurizky
Tanda bulatan warna merah pada ban mobil memiliki fungsi untuk menunjukkan peak point atau area paling melengkung keluar pada ban. Foto : Top Gear Philippines

CILEGON, iNewsCilegon.id - Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada motor dan mobil, karena berperan langsung dalam menjaga stabilitas dan performa kendaraan. 

Sebagai satu-satunya titik kontak antara kendaraan dengan permukaan jalan, ban memiliki peran penting dalam mengontrol traksi, pengereman, serta manuver kendaraan.

Setiap ban mobil umumnya memiliki beberapa kode yang tertera di sisi dinding ban. 

Kode-kode ini memberikan informasi penting tentang spesifikasi dan karakteristik ban tersebut.

Salah satunya tanda bulatan yang terdapat di sidewall atau dinding ban, meskipun terlihat sederhana, tanda ini memberikan informasi yang bermanfaat tentang ban.

Bulatan yang biasanya terdapat pada ban umumnya memiliki dua warna, yakni kuning dan merah. Terkadang, keberadaan bulatan ini menimbulkan pertanyaan apakah hanya sebagai penanda ban baru atau memiliki makna lainnya, Ini penjelasannya.

Bulatan atau titik berwarna kuning pada ban mobil umumnya merupakan titik teringan pada ban. Titik ini disebut sebagai light static balance point.

Penempatan titik teringan ini biasanya sejajar dengan posisi pentil pada ban. Hal ini dikarenakan posisi pentil dianggap sebagai bagian terberat pada pelek. 

Biasanya titik terberat pada pelek juga memiliki tanda berupa dot warna. Dengan memasang ban sesuai dengan tanda bulatan kuning, ban akan lebih seimbang ketika berputar.

Selain itu, tanda ini berguna sebagai panduan saat melakukan balancing roda atau saat pemasangan pelek.

Sementara itu, tanda bulatan warna merah pada ban mobil memiliki fungsi untuk menunjukkan peak point atau area paling melengkung keluar pada ban. 

Area ini merupakan bagian paling tinggi dari dinding ban, bulatan merah harus disesuaikan dengan run out dari pelek yang paling rendah.

Run out merupakan istilah yang mengacu pada kebulatan suatu benda yang berbentuk bulat. Semakin kecil nilai run out, maka kebulatan benda tersebut akan semakin mendekati kebulatan sempurna. Ini berarti meminimalisir getaran yang dihasilkan saat ban melaju dijalanan.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network