Mahasiswa UB Perkenalkan Keunikan Batik Ecoprint dengan Gunakan Daun Tanaman

Laurent Nabila Zahra Tanjung
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) memperkenalkan keunikan cara membatik sistem ecoprint dengan menggunakan daun. Foto: Istimewa

SIDOARJO, iNewsCilegon.id – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) memperkenalkan keunikan cara membatik sistem ecoprint dengan menggunakan daun.

Hal tersebut dilakukan Kelompok Mahasiswa Membangun Desa UB 730 di Desa Durungbedug, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Penggunaan daun dalam membatik diharapkan ikut mengembangkan ekonomi kreatif  masyarakat pedesaan. Sosialisasi berlangsung mulai bulan Juli 2023.

Batik ecoprint dilakukan dengan cara menempelkan daun di atas kain. Daun kemudian ditekan atau dipukul sehingga warnanya tercetak di kain.

Dengan aneka daun yang ada di alam, akan membuat batik menjadi sangat unik dan alami.

”Ecoprint sendiri sebenarnya sudah lama telah dipraktikkan di berbagai tempat, namun ini pertama kalinya dipraktikkan di Desa Durungbedug,” kata Candra, mahasiswa UB penanggungjawab program kerja pengenalan batik ecoprint.

Dalam pengenalan ini, mahasiswa UB mengajak praktisi ecoprint, Ibu Uni. Teknik dan pengembangan bisnis batik ecoprint dipaparkan.

Pembuatan batik ecoprint dari awal hingga akhir dipraktikkan. Ibu-Ibu PKK Desa Durungbedug aktif mengikuti kegiatan dengan serius.

Saiful Rahman Yuniarto selaku Dosen Pembimbing Lapangan memberikan apresiasi. ”Ini produk karya seni yang bernilai ekonomis. Diharapkan sosialisasi ini mampu membawa manfaat untuk masyarakat Durungbedug serta lingkungan sekitar,” tutur Saiful.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network