CILEGON, iNewsCilegon.id - Saat pulsa listrik habis, maka pelanggan listrik prabayar membeli token listrik yang terdiri dari 20 angka, kemudian memasukkan nomor token tersebut ke meteran listrik miliknya.
Namun terkadang pengisian token ke Kwh mengalami gagal isi.Tidak bisanya memasukkan token listrik ke meteran, tak jarang membuat pelanggan panik.
Lantas bagaimana jika pengisian token gagal terus?
5 cara atasi gagal isi token listrik
Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 langkah cara mengatasi gagal isi token listrik.
1. Hubungi CS PLN
Pelanggan yang telah mencoba pengisian token listrik ke meteran, namun gagal maka dapat segera menghubungi customer service (CS) PLN melalui nomor 123.
Pelanggan juga bisa menghubungi PLN melalui media sosial resmi PLN atau aplikasi PLN Mobile, dan melaporkan terkait gagalnya isi token listrik ke meteran yang dialami.
2. Cek Jaringan Server PLN
Sebelum melakukan pengisian token listrik ke meteran, pastikan jaringan server PLN tidak mengelola gangguan.
Gangguan server PLN bisa disebabkan oleh koneksi yang tidak stabil atau tengah dilakukan pemeliharaan sistem oleh PLN.
Jika kegagalan input token listrik disebabkan terganggunya server PLN, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah pelanggan hanya bisa menunggu sampai jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan kembali.
Jaringan server PLN yang mengalami gangguan dapat menjadi penyebab gagalnya pengisian token listrik ke meteran.
3. Cek Meteran Listrik
Cek Kondisi instalasi listrik dan meteran listrik Instalasi listrik yang mengalami gangguan dapat menjadi penyebab gagalnya isi ulang token listrik.
Saat terjadi gangguan instalasi listrik, jangan memaksakan memasukkan nomor token ke meteran karena bisa menyebabkan konsleting listrik.
Anda juga wajib memastikan kondisi meteran listrik dalam kondisi baik, dan jika muncul tulisan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin meteran prabayar dalam kondisi rusak dan tak bisa diisi dengan kode token.
4. Cek Limit Kwh
Periksa limit kWh Saat pemasangan meteran listrik, ada batas maksimal limit kWh per bulannya sesuai daya yang dipakai pelanggan.
Batas maksimal meteran prabayar yang telah mencapai batas maksimum, akan membuat token listrik tidak bisa diinput ke meteran.
Untuk menghindarinya, para pelanggan listrik perlu mengetahui limit kWh masing-masing dan menyesuaikan pemakaian listriknya agar tidak melebihi batas maksimum,
5. Cek nomor Token
Token listrik terdiri dari 20 digit nomor. Jika pelanggan salah memasukkan nomor token listrik ke meteran, maka membuat listrik tidak bertambah atau kegagalan mengisi token listrik.
Pelanggan harus memasukkan token listrik yang sudah dibeli dengan benar ke meteran listrik miliknya.
Perlu dicatat, kesalahan memasukkan kode token listrik sebanyak tiga kali berturut-turut bisa menyebabkan meteran listrik atau meter prabayar terblokir.
Demikian ulasan 5 cara mengatasi gagal isi token Listrik. Semoga bermanfaat.
Editor : M Mahfud