Cilegon Bakal Punya Gedung Perpustakaan Senilai Puluhan Miliar Rupiah

Mada Mahfud
Pemkot Cilegon menertibkan lahan untuk pembangunan perpustakaan. Foto: Ist

CILEGON, iNews Cilegon.id – Kota Cilegon bakal punya perpustakaan senilai puluhan miliar rupiah. Pembangunan berasal dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp11 miliar dan APBD Rp2 miliar.

Sekretaris DPK Kota Cilegon, Mochamad Iqbal, menyatakan pembangunan perpustaan akan berlokasi di Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Cilegon. Rencananya pembangunan akan dimulai pada tahun 2025.


"Insya Allah Pemkot Cilegon bakal mendapatkan bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) pembangunan gedung perpustakaan senilai Rp11 miliar dari pemerintah pusat pada tahun 2025. Untuk itu, Pemkot Cilegon melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan segera melakukan pematangan lahan," kata Iqbal.

Salah satu syarat mendapatkan bantuan DAK adalah harus ada dukungan anggaran pemerintah daerah melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp2 miliar untuk pematangan lahan tersebut

Untuk persiapan lahan, Pemkot Cilegon menertibkan bangunan liar yang masih berdiri di atas lahan.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi (Dalops) Satpol PP Kota Cilegon, Ardiano Setyawan mengatakan bahwa penertiban tersebut merupakan tindaklanjut dari kesepakatan sebelumnya antara pemerintah daerah, tokoh masyarakat setempat dan juga para pedagang.
 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network