10 Oleh-oleh Khas Cilegon yang Unik Ada Batik Krakatoa, Sate Bandeng hingga Bakso Ikan Lele

Melati Pratiwi
Mengunjungi Kota Cilegon, Banten, rasanya tidak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh. Foto Sate Bandeng/Ist

CILEGON, iNewsCilegon.id- Mengunjungi Kota Cilegon, Banten, rasanya tidak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh.Sebelum membeli oleh-oleh, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai barang-barang apa yang mencerminkan ciri khas dari daerah yang dikunjungi.

Nah, meskipun dikenal sebagai Kota Baja, Cilegon juga memiliki berbagai hidangan khas yang lezat dan cocok dijadikan oleh-oleh

Berikut adalah daftar oleh-oleh khas Cilegon yang ditulis dari bawah ke atas:

1.Batik Krakatoa
Batik khas Cilegon ini mengambil namanya dari Gunung Krakatau. Cocok sebagai oleh-oleh kenang-kenangan yang bisa disimpan atau dipakai.

2. Serundeng
Serundeng terbuat dari kelapa pilihan dan bumbu-bumbu khas, sangat cocok sebagai taburan di atas nasi atau pelengkap ayam goreng.

3.Miniatur Landmark Cilegon
Selain makanan, Anda juga bisa membawa pulang miniatur landmark Cilegon. Harganya bervariasi, tergantung ukuran, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

4.Emping
Emping melinjo memiliki rasa gurih, sedikit pahit, dan sangat renyah. Cocok sebagai pelengkap makan atau taburan di atas hidangan berkuah. Harganya sekitar Rp 10.000 per bungkus.

5.Kerupuk Dapros
Kerupuk Dapros terbuat dari tepung terigu dan berbentuk seperti bunga mekar berwarna-warni. Rasanya gurih dan cocok dijadikan camilan atau pendamping makanan.

6.Kue Engkak
Kue Engkak memiliki rasa manis legit dan berbentuk lapisan. Salah satu rekomendasi adalah Kue Engkak H. Saidah, yang dijual dengan harga sekitar Rp 250.000 per loyang.

7. Kue Gipang
Kue berbahan dasar beras ketan ini memiliki tekstur lengket namun renyah. Rasanya manis dan cocok untuk segala usia. Kue Gipang adalah oleh-oleh khas Cilegon yang tak boleh dilewatkan.

8. Gegetas
Gegetas terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, memberikan rasa gurih yang bikin ketagihan. Harganya sekitar Rp 10.000 per kemasan, dengan varian rasa seperti original, balado, dan pedas.

9. Bakso Ikan Lele
Oleh-oleh yang unik ini terbuat dari ikan lele, rasanya kenyal dan gurih, cocok disajikan dalam hidangan berkuah. Harganya sekitar Rp 15.000 per bungkus.

10. Sate Bandeng
Sate Bandeng khas Cilegon memiliki rasa lezat dan unik. Salah satu yang direkomendasikan adalah Sate Bandeng Bu Mamak, dengan harga sekitar Rp 40.000 per tusuk.


 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network