get app
inews
Aa Read Next : Belum Sebulan Menjabat AKBP Kemas Indra Bikin Haru Walkot Cilegon, Gercep Gulung Sindikat Narkoba

Resmikan TMP Geger Cilegon, Helldy Agustian Sebut Cilegon Kota Pejuang

Rabu, 13 Juli 2022 | 14:58 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agutian memotong pita saat meresmikan Taman Makam Pahlawan (TMP) Geger Cilegon di TPU Cikerai, Selasa (12/7/2022) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan peristiwa perlawanan bersenjata rakyat Banten yang berada di Cilegon terhadap kekuasaan pemerintah Hindia Belanda terjadi pada tanggal 9 Juli 1888.

Peristiwa tersebut diungkapkan Helldy saat meresmikan Taman Makam Pahlawan (TMP) Geger Cilegon di TPU Cikerai, Selasa (12/7/2022).

"Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Kota Cilegon, sebab Geger Cilegon itu hanya ada di Kota Cilegon tidak ada di daerah lain di Indonesia dan sejarah mengatakan bahwa kota Cilegon ini merupakan kota pejuang, sebab pada zaman dulu banyak warga Cilegon yang membantu dalam memerdekakan Republik Indonesia ini," kata Helldy.

Taman Makam Pahlawan ini, lanjut Helldy, seharusnya sudah lama ada. Di sini kita punya luas tanah 10 hektar, saya minta agar bisa dirawat secara maksimal dan dibenahi supaya dapat jadi lebih indah.

"Karena sejarah Geger Cilegon ini memang ada, saya ingin nanti Taman Makam Pahlawan ini ada satu Monument Geger Cilegon yang berisi nama-nama pahlawan yang terlibat dalam persitiwa Geger Cilegon," pinta Helldy.


Taman Makam Pahlawan (TMP) Geger Cilegon (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)
 

Helldy menambahkan setelah diresmikan Taman Makam Pahlawan ini selanjutnya dapat ditata dengan baik, jangan sampai tidak diurus. Nanti kita pekerjakan untuk tukang kubur dan lainnya.

Sebab jika kita tata dengan baik maka Taman Makam Pahlawan ini menimbulkan daya tarik bagi masyarakat, sehingga masyarakat nanti dapat berkunjung dan bisa memberikan doa untuk para pahlawan-pahlawan Geger Cilegon ini," pungkasnya.

Peresmian TMP Geger Cilegon tersebut ditandai dengan penyiraman air kendi dan pemotongan pita yang dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan disaksikan Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, serta Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Setelah itu, Wali kota Cilegon bersama pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon mengunjungi makam Ki Wasyid di Kampung Telu yang merupakan Pahlawan Geger Cilegon. Kemudian di malam harinya diadakan nonton bareng film Geger Cilegon bersama Tokoh masyarakat dan masyarakat Cilegon  di Rumah Dinas Wali kota Cilegon.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut