Ini Kisah Timnas Indonesia Berlaga di Piala Dunia 1938

Rilo Pambudi
.
Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:05 WIB
Indonesia jadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia pada tahun 1938 di Perancis. (Foto: AFC)

JAKARTA, iNews.id - Mungkin Anda belum tahu bahwa Timnas Sepak Bola Indonesia pernah berlaga di Piala Dunia 1938. Bahkan, Timnas Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut dalam ajang Piala Dunia. FIFA secara resmi mengakui Indonesia adalah negara Asia pertama mengikuti Piala Dunia. Kala itu, timnas Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Dikutip iNews.id dari laman resmi FIFA pada Selasa (2/8/2022), Timnas Indonesia pernah ikut turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia, tepatnya pada Piala Dunia tahun 1938 di Prancis. Pada gelaran Piala Dunia ke-3 tersebut masih bernama Hindia Belanda.

Debut Hindia Belanda di turnamen empat tahunan itu terjadi pada tanggal 5 Juni 1938 di Reims, Prancis. Saat itu, tim yang menjadi buyut Timnas Indonesia menghadapi Hungaria.

Selain Hindia Belanda, Jepang sebenarnya menjadi tim Asia lainnya yang sempat mendaftar untuk kualifikasi Piala Dunia. Namun karena Jepang mundur, Hindia Belanda menjadi satu-satunya tim wakil Asia di ajang tersebut.

FIFA mencatat, saat itu ada dua asosiasi sepak bola di Hindia Belanda. Satu adalah untuk pemain Belanda dan satunya lagi untuk pemain lokal. 

Akhirnya dilakukan seleksi pemain dari kedua federasi sebelum melakukan perjalanan ke Eropa. Hal itu sebenarnya tidak berjalan mulus karena sejumlah pemain lokal menolak bermain untuk penguasa kolonial.

Sayangnya, Hindia Belanda saat terpaksa mengakui keunggulan Hungaria dengan skor telak 0-6. Hal itu tak lain adalah minimnya pengalaman Timnas menghadapi tim-tim kuat Eropa.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini