Logo Network
Network

Cacar Monyet Bisa Jadi Pandemi Baru? Berikut Kata Kemenkes RI

Tim iNews
.
Senin, 22 Agustus 2022 | 13:26 WIB
Cacar Monyet Bisa Jadi Pandemi Baru? Berikut Kata Kemenkes RI
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Cacar monyet sudah terdeteksi satu kasus positif di DKI Jakarta. Hal itu tentu saja membuat banyak masyarakat khawatir dan bertanya-tanya. Apakah cacar monyet ini bisa menjadi pandemi baru seperti halnya COVID-19?

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), dr. Mohammad Syahril, di YouTube Kemenkes RI pada acara Konferensi Pers Update Monkeypox, Senin (22/08/2022), berpendapat, tidak menutup kemungkinan akan hadir berbagai pandemi baru seperti halnya COVID-19.

Sehingga, kehadiran berbagai penyakit di tengah pandemi COVID-19, tidak menutup kemungkinan untuk bisa menjadi pandemi baru.

Dikatakan dr. Syahril, kini situasi pandemi sudah dianggap biasa. “Virusnya sudah tidak terlalu mengancam kesehatan. Masyarakat pun mulai biasa,” cetusnya.

Berkaitan dengan cacar monyet, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam Konferensi Pers Health Working Group ke-3, Senin (22/08/2022) mengatakan, penularan cacar monyet tidak semudah COVID-19.

“Penularan cacar monyet harus ada kontak fisik, tidak sama dengan COVID-19 yang bisa melalui droplet atau cipratan air liur,” tandasnya.

 

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini