get app
inews
Aa Read Next : Dua Figur Kartini Masa Kini, Casella dan Khusnia yang Tak Menyerah Hadapi Tantangan

Pelatihan Gender dan Kepemimpinan Demi Perempuan Pedesaan yang Tangguh

Kamis, 25 Agustus 2022 | 17:18 WIB
header img
Multiperan perempuan membuatnya rentan, karena dalam keluarga ia berperan sebagai produsen dan penyedia makanan, penjaga kesehatan, pengasuh, dan pengatur keuangan. (Foto: Istimewa)

BERAU, iNewsCilegon.id - Provinsi Kalimantan Timur masih perlu mendorong Pengarusutamaan Gender dengan kolaborasi berbagai sektor, mengingat masih adanya ketidaksetaraan gender partisipasi perempuan dalam kebijakan pembangunan.

Kabupaten Berau sendiri adalah salah satu kabupaten yang berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2021 memiliki Indeks Pembangunan Gender (IPG) 87,76 dari angka standar maksimal 100.

"Minimnya keterwakilan perempuan sebagai pemimpin membuat organisasi maupun institusi kurang memiliki sudut pandang perempuan, sehingga berpengaruh pada penyusunan kebijakan yang tidak berpihak pada perempuan,” ujar Rabiatul Islamiah, Kepala Dinas Pengendendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Berau, Kalimantan Timur.

“Perempuan perlu berdaya karena suara mereka menentukan arah pembangunan di tempat mereka berkiprah,” ujar Rabiatul yang mengapresiasi adanya pelatihan untuk para perempuan ini.

Peserta pelatihan yang merupakan perwakilan dari 26 kampung dari Kabupaten Berau dan Kutai Timur ini belajar dan berdiskusi tentang materi kesetaraan gender dan kepemimpinan.

Selama tiga hari (23-25 Agustus 2022), mereka belajar tentang isu seks dan gender; bentuk-bentuk ketidakadilan gender; kepemimpinan perempuan dalam keseharian; hambatan dan strategi dalam membangun kepemimpinan perempuan; pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat; langkah-langkah strategis dalam membangun kepemimpinan perempuan; dinamika kelompok dan kepemimpinan; serta kerja sama dengan para pihak.

“Pelatihan ini merupakan hal baru bagi Berau, Saya berharap ada feedback dari pelatihan ini.  Semoga pelatihan ini membuat Perempuan Berau menjadi lebih baik,” ujar Rabiatul.

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut