get app
inews
Aa Read Next : Pacu Pendidikan Warga Cilegon, Wali Kota Helldy Diapresiasi UT Serang Banten

Dua Figur Kartini Masa Kini, Casella dan Khusnia yang Tak Menyerah Hadapi Tantangan

Rabu, 19 April 2023 | 13:19 WIB
header img
Ki-ka: Casella Prasita, Area Sales Manager PT Roche Indonesia dan Khusnia Normawati, Asisten Direktur Perusahaan Konstruksi. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCilegon.id - "Bila orang hendak sungguh-sungguh memajukan peradaban, maka kecerdasan pikiran dan pertumbuhan budi, harus sama-sama dimajukan” - R.A Kartini.

Pentingnya pendidikan bagi perempuan, sudah disadari R.A Kartini sejak lama. Pejuang emansipasi kelahiran Jepara, 21 April 1879 ini berhasil mendobrak peradaban kala itu yang tidak memperbolehkan perempuan untuk mengenyam pendidikan tinggi. 

Perjuangan Kartini dalam mengangkat martabat dan meraih pendidikan yang layak untuk perempuan Indonesia, telah memberikan dampak yang besar dalam perjuangan kesetaraan gender

Hal ini tampak dari sektor pekerjaan yang mana para perempuan memiliki kontribusi yang tidak kalah penting dengan kaum pria. 

Berdasarkan data proyeksi penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perempuan usia sangat produktif (15-49 tahun) mencapai 69,4 juta, sedangkan untuk perempuan usia produktif (50-64), sebanyak 16,91 juta. 

Menurut BPS, kondisi ini menunjukkan bahwa Indonesia tengah memasuki era bonus demografi, dimana kelebihan penduduk usia produktif bisa dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan. 

Oleh karena itu, perjuangan R.A. Kartini tetap harus dilanjutkan agar kontribusi para perempuan dijalankan dengan optimal dan tidak terhambat oleh diskriminasi berbasis gender.

Siapa saja Kartini masa kini yang menjadi representasi perjuangan melawan diskriminasi gender? Mari baca terus artikel ini!

Casella Prasita yang merupakan Area Sales Manager perusahaan multinasional di bidang kesehatan, PT Roche Indonesia, membagi pengalamannya mengenai proses belajar, berkarier, hingga meraih prestasi. 

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut