get app
inews
Aa Read Next : Pacu Pendidikan Warga Cilegon, Wali Kota Helldy Diapresiasi UT Serang Banten

Dua Figur Kartini Masa Kini, Casella dan Khusnia yang Tak Menyerah Hadapi Tantangan

Rabu, 19 April 2023 | 13:19 WIB
header img
Ki-ka: Casella Prasita, Area Sales Manager PT Roche Indonesia dan Khusnia Normawati, Asisten Direktur Perusahaan Konstruksi. Foto: Ist

“Saya berproses sejak kecil, dari single contributor di tempat kerja sebelumnya sebagai sales, hingga bisa menjadi manager sales di perusahaan saat ini yang sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender,” ujar Casella menjelaskan tentang perjalanannya untuk sampai di titik karier saat ini.

Salah satu tantangan dan ketimpangan gender yang masih ada di tempat kerja adalah stigma bahwa pria lebih mampu untuk memimpin dibanding perempuan.

Casella beranggapan bahwa pandangan tersebut adalah sebuah kekeliruan, dan siapa pun bisa menjadi pemimpin jika memiliki ilmunya. 

“Untuk memimpin, saya percaya perempuan atau pria sama-sama bisa menjadi pemimpin. Tidak ada yang berbeda dari output yang bisa dihasilkan. Keduanya bisa mencapai target dengan proses yang mungkin berbeda,” jelas Casella.

Mengikuti Program Kuncie Executive Mini MBA adalah salah satu langkah yang ia lakukan untuk terus meningkatkan kompetensi sebagai seorang manager dan bentuk perjuangannya sebagai Kartini masa kini. 

“Dari program ini, saya menemukan ruang aman (bagi perempuan) untuk berproses dalam kariernya. Bahkan, program inilah yang menumbuhkan keberanian saya untuk menantang diri dalam mengambil peluang sebagai manager level Asia Pasifik di Singapura,” ucap Casella.

Kisah inspiratif lainnya datang dari Khusnia Normawati. Ia pun berbagi kisah dalam menghadapi tantangan yang juga dialami banyak perempuan masa kini, yaitu beban ganda dalam berkarier dan menjadi ibu rumah tangga. Apalagi dengan posisi pekerjaannya di industri baja yang banyak didominasi pria. 

“Peran ganda ini tidak mudah, tapi memang harus dihadapi. Tantangan ini mengharuskan saya untuk well prepared. Artinya, saya harus bisa mengatur prioritas dan waktu seoptimal mungkin,” ujar Khusnia yang saat ini berkarier sebagai Asisten Direktur di salah satu perusahaan konstruksi dan merupakan ibu dari satu anak.

Khusnia berpendapat bahwa pendidikan memiliki peran penting dalam proses menjalani peran ganda tersebut.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut