get app
inews
Aa Read Next : Seseru Perang Militer, Ini Duel Mata Uang Amerika Serikat vs Rusia, Siapa Menang?

Rusia Untung Besar dari Perang Ukraina

Rabu, 31 Agustus 2022 | 09:00 WIB
header img
Rusia untung besar dari penjualan minyak sejak perang dengan Ukraina. Foto: Reuters.

WASHINGTON, iNewsCilegon.id - Rusia untung besar dari penjualan minyak di tengah datangnya sanksi bertubi-tubi terkait invasi ke Ukraina. Permintaan minyak mentah Rusia justru meningkat dibandingkan dengan sebelum perang. 

Pundi-pundi untung semakin besar didapat Rusia karena lonjakan harga minyak mentah global, yang saat ini berada di kisaran 100 dolar AS per barel

“Rusia sedang berenang di atas uang,” kata Elina Ribakova, analis dari Institute of International Finance, kepada surat kabar Wall Street Journal (WSJ) yang tayang Senin kemarin.

Ribakova menjabarkan Rusia memperoleh 97 miliar dolar AS dari penjualan minyak dan gas hingga Juli tahun ini. Hampir 74 miliar dolar di antaranya didapat dari penjualan minyak mentah.

Data Badan Energi Internasional mengungkap Rusia memompa 7,4 juta barel minyak mentah dan produk seperti bensin dan solar ke pasar global setiap hari pada Juli saja. Angka tersebut hanya turun sekitar 600.000 barel per hari sejak awal 2022.

Ekspor energi Rusia berkembang pesat karena bisa mendapat pembeli baru, menggunakan alat pembayaran baru, serta cara baru untuk membiayai ekspor.

Meski banyak negara mengecam Rusia karena menyerang Ukraina, mereka tak bisa menutup mata atas kebutuhan minyak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut