Logo Network
Network

Seseru Perang Militer, Ini Duel Mata Uang Amerika Serikat vs Rusia, Siapa Menang?

Mada Mahfud
.
Rabu, 22 Februari 2023 | 10:19 WIB
Seseru Perang Militer, Ini Duel Mata Uang Amerika Serikat vs Rusia, Siapa Menang?
Grafik Rubel Rusia terhadap Dollar US dalam 1 tahun terakhir. Duel seru di bidang keuangan antara Amerika Serikat versus Rusia sepanjang Perang Ukraina yang dimulai 23 Februari 2022 dan hingga kini belum usai. Foto: iNewsCilegon/Mada Mahfud

CILEGON, iNewsCilegon.id – Perang di Ukraina sejatinya adalah perang antara Amerika Serikat melawan Rusia. Perang tak hanya berlangsung secara militer tetapi juga berlangsung di bidang keuangan yang terlihat dari nilai mata uang kedua negara.

Perang di bidang keuangan tak kalah pentingnya dengan duel di militer. Ini karena menyangkut ketahanan ekonomi sebagai logistik untuk mendanai perang.

Rusia bergantung pada eksport minyak dan gas, serta senjata untuk mengisi kantong mereka tetap tebal. Perang membutuhkan uang yang banyak dan kestabilan mata uang menjadi penting.

Lalu bagaimana jalannya perang mata uang Dollar Amerika Serikat melawan Rubel Rusia selama Perang Ukraina?

7 Maret 2022

Rusia melakukan serangan militer ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Serangan tersebut ditentang keras Amerika Serikat dengan NATO-nya dan Uni Eropa.

Paket sanksi ekonomi pun digelontorkan kepada Rusia. Alhasil Rubel terjungkal ke titik terlemah sepanjang sejarah yaitu 132 Rubel per dollar US pada 7 Maret 2022. Padahal pada 23 Februari 2022, nilai Rubel Rusia adalah 81,14 per dolar US.

29 Juni 2022

Rusia sebagai negara besar dengan wilayah terluas di dunia dan memiliki kekayaan sumber daya alam serta militer kuat, tentu tak tinggal diam begitu saja.

Rusia membalasnya dengan menghentikan ekspor minyak dan gas ke negara-negara Uni Eropa. Akibatnya pasokan listrik di negara Eropa berkurang yang membuat harga minyak dan gas naik. Ekonomi Uni Eropa kocar-kacir.

Cara ini membuat Rubel berhasil menguat sangat signifikan menjadikan nilai tukar Rubel terhadap US$ adalah 50. Angka ini adalah angka terkuat Rubel Rusia selama tahun 2022. Angka ini bahkan lebih kuat selama 7 tahun terakhir dalam konversi Rubel dengan Dollar US.

22 Februari 2023

Perang antara mata uang Dollar US versus Rubel Rusia terus berlangsung. Kekuatan keduanya boleh dibilang masih seimbang. Ini terlihat pada hari ini 22 Februari 2023 nilai tukar Rubel Rusia terhadap Dollar US adalah 74.

Kisaran 70 Rubel Rusia per Dollar US adalah angka yang terjadi sepanjang 2021 saat belum terjadi perang Ukraina.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.