get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Tak Mau Kecolongan Penyulundupan Narkoba di Momen Lebaran, Denpom Lanal Banten Kerahkan Unit K-9

Selasa, 18 April 2023 | 16:37 WIB
header img
Paur Idik Denpom Lanal Banten Lettu Laut PM Kurnia Yahya. Foto: iNews Cilegon/Budi Tan

CILEGON, iNewsCilegon.id – Tak mau kecolongan seperti momen Lebaran tahun 2022, Denpom Lanal Banten mengerahkan pasukan Unit K-9 untuk mengantisipasi adanya penyelundupan narkoba dengan memanfaatkan arus mudik Lebaran 2023 melalui Pelabuhan Merak, Banten.

Satu Unit K-9 itu didatangkan dari Lantamal Jakarta dengan dua personil pawang dibantu 14 personil Satgas BKO ASDP. 

“Kami berada di bawah komando Satgas BKO ASDP untuk membantu pengamanan arus mudk  Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak,” kata Paur Idik Denpom Lanal Banten Lettu Laut PM Kurnia Yahya di Pelabuhan Merak, Selasa (18/4/2023).

Kurnia mengatakan Unit K-9 sengaja dikerahkan dari Lantamal Jakarta ke Pelabuhan Merak untuk mengendus adanya peredaran atau penyelundupan narkoba dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya dengan memanfaatkan arus mudik Lebaran 2023.

Satgas BKO ASDP bersama Unit K-9 menyisir tempat-tempat yang dianggap rawan penyelundupan narkoba di Dermaga Eksekutif dan Dermaga Reguler Pelabuhan Merak. 

Hingga saat ini, menurut Kurnia, pihaknya hanya ditugaskan di Pelabuhan Merak mengingat pelabuhan ini dikhususkan untuk lintas penyeberangan dari Jawa ke Sumatera bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi dan bus. 

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada ditemukan barang narkoba. Semoga sampai hari-hari berikutnya juga nihil,” kata Kurnia.

Pihaknya fokus mengantisipasi penyelundupan narkoba, mengingat saat ini banyak petugas yang berkonsentrasi mengamankan kelancaran arus mudik. “Dalam momen seperti ini banyak petugas yang fokus pada kelancaran arus lalu lintas saja, sehingga rawan adanya penyelundupan narkoba,” katanya.

Dia mencontohkan peristiwa tahun lalu, pada momen Lebaran ditemukan nakoba jenis heroin dalam jumlah yang banyak di Pelabuhan Merak. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut