get app
inews
Aa Read Next : Pembunuhan Mahasiswa UI, Ditusuk 10 Kali

Warga di Pandeglang Ini Diduga Terkena Sindrom Covid-19, Ini Penjelasan Tim UI

Senin, 12 September 2022 | 11:59 WIB
header img
Tim pengabdian masyarakat UI pun mendatangi Kelurahan Kertasana Pandeglang guna melakukan pengobatan terkait Sindrom Covid.-19. Foto: Istimewa.

BANTEN, iNewsCilegon.id – Warga Kelurahan Kertasana, Kecamatan Pagelaran,  Pandeglang diduga terkena Sindrom Covid-19. Tim pengabdian masyarakat UI pun mendatangi guna melakukan pengobatan.

Ketua Tim Pengmas, Dr dr Hamzah Shatri, SpPD, K-Psi, M.Epid, Senin (12/9/2022) menyatakan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang diketahui angka kejadian Covid-19 di wilayah tersebut cukup tinggi.

“Oleh karena itu, diperkirakan kasus Sindrom Pasca Covid-19 di Pandeglang pun tinggi, dan hal ini akan mengganggu produktivitas masyarakat di Pandeglang,” kata Hamzah Shatri

Gangguan psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19 dapat terkena pada siapa saja. Namun, kata dia ini tidak perlu dikhawatirkan.

“Gangguan psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19 bisa dicegah dan dapat ditatalaksana dengan baik,” ujarnya.

Salah  satu pencegahan agar terhindar dari gangguan psikosomatik Sindrom Pasca Covid-19 adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung triptofan dan polifenol. Beberapa sumber makanan yang mengandung triptofan adalah daging ayam, ikan salmon dan kedelai.

“Sumber makanan yang mengandung polifenol adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan rempah-rempah. Selain itu juga dijelaskan mengenai pentingnya membatasi jumlah konsumsi garam, gula, dan lemak serta mencukupkan konsumsi serat dan air,” kata dr. Edward Faisal, SpPD.

Selain penyuluhan, juga dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan heart rate variability (HRV) untuk menilai ketidakseimbangan sistem syaraf autonom pada gangguan psikosomatis. Penyuluhan diikuti oleh 50 orang, yang terdiri dari siswa, orang tua siswa, dan guru madrasah serta aparatur desa.

“Mereka sangat berharap agar daerah mereka dapat terus menjadi lokasi pengabdian masyarakat selanjutnya,” kata Dika Sinulingga, anggota tim Pengabdi Masyarakat UI.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut