get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Pemkot Cilegon Beri Penghargaan Kepada Perusahaan dalam Jaminan Kesehatan

Selasa, 20 September 2022 | 20:54 WIB
header img
Pemkot Cilegon Beri Penghargaan Kepada Perusahaan dalam Jaminan Kesehatan (Foto: Diskominfo Kota CIlegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id -  Pemerintah Kota Cilegon mengadakan kegiatan pemberian Penghargaan terhadap Peran Swasta Dalam Percepatan Peningkatan Cakupan Kesehatan Semesta Penduduk Kota Cilegon melalui Program Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat di Kota Cilegon Tahun 2022 di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon, Selasa (20/9/2022).

Jaminan Kesehatan Nasional sendiri merupakan Program Pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera.

Acara tersebut merupakan penyerahan penghargaan kepada perusahaan atas kontribusi dana CSR dan bidang kesehatan & penandatanganan MOU pemberian dana CSR terhadap pembayaran premi kesehatan sekaligus apresiasi Program Kesehatan PT Cabot Indonesia dengan Pemberian Donasi Universal Health Coverage & Instalasi Fasilitas Sanitasi.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa Sistem Jaminan Kesehatan merupakan pilihan tepat menata subsistem pelayanan kesehatan. “Sistem jaminan kesehatan merupakan suatu pilihan yang tepat untuk menata subsistem pelayanan kesehatan yang searah dengan subsistem pembiayaan kesehatan,” tuturnya.

“Dalam rangka mewujudkan 98 persen universal health coverage  (UHC)  pemerintah daerah melakukan integrasi jaminan kesehatan daerah dengan jaminan kesehatan nasional guna terselenggaranya jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk,” sambung Helldy.

Helldy juga menyampaikan bahwa berdasarkan data BPJS Kesehatan per September 2022, dari 455.721 jiwa penduduk Kota Cilegon terdapat 421.862 jiwa atau sekitar 92.57 persen masyarakat Kota Cilegon yang sudah menjadi peserta JKN (memiliki Kartu BPJS Kesehatan). Jika target 98 persen berarti 5.43 persen atau 24.597 jiwa yang belum mempunyai jaminan kesehatan.

Helldy menjelaskan bahwa pelaksanaan jaminan kesehatan perlu keterlibatan semua pihak. “Pelaksanaan jaminan kesehatan  memerlukan keterlibatan semua pihak dan seluruh stakeholder lainnya, tidak hanya pemerintah tapi perlu adanya bantuan atau peran dari pihak Swasta untuk membantu membayar iuran masyarakat yang belum mempunyai jaminan kesehatan, mengawal pelaksanaannya, berkomitmen serta bertanggung jawab agar pemenuhan hak dasar  kesehatan warga kota cilegon dapat tercapai,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Helldy memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Cabot Indonesia. “Dalam kesempatan ini saya  memberikan apresiasi kepada PT Cabot yang sudah berperan serta terhadap percepatan peningkatan cakupan kesehatan semesta penduduk Kota Cilegon melalui program kepesertaan jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia Sehat, untuk kedepannya saya berharap kepada PT. Cabot agar secara berkesinambungan  dapat menambah jiwa yang di biayai melalui dana CSR-nya,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Cabot Indonesia Dixy Olyviardy mengatakan bahwa program ini merupakan program penting.

"Kami sampaikan bahwa program ini merupakan bagian terpenting dari perusahaan kami, karena perusahaan kami memiliki tanggung jawab kepada masyarakat sekitar, tanggungjawab kesehatan untuk mendukung program Pemerintah kota Cilegon," tuturnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut