get app
inews
Aa Read Next : KSP Sebut Kebijakan Persingkat Karantina Sudah Pertimbangkan Tinjauan Medis

Program Inkubasi Indonesia dan Perancis dalam Industri Mode

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 16:26 WIB
header img
Program inkubasi dua negara ini akan berjalan selama 5 minggu, dan berlangsung pada bulan Oktober - Desember 2022. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Program inkubasi Indonesia dan Perancis, PINTU Incubator, hasil kolaborasi antara JF3, LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis melalui  Institut Francais d'Indonesie ( IFI ), akan segera mewujudkan kerjasama Internasional, dengan mulai membuka kesempatan bagi para kreatif muda Perancis untuk ikut serta dalam program PINTU incubator di Jakarta, Indonesia.

Diharapkan kegiatan ini akan menjadi sarana dalam menyatukan para kreatif muda dari dua negara untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan khususnya dalam industri mode.

Program inkubasi dua negara ini akan berjalan selama 5 minggu, dan berlangsung pada bulan Oktober - Desember 2022, melalui berbagai program mentoring dan masterclass intensif yang diberikan oleh brand fashion dari Prancis dan para pakar dari Indonesia.

Melalui program ini, para kreatif muda Perancis juga akan mendapatkan wawasan mengenai budaya, mengenal lebih dalam pengrajin, master seni dan produk-produk kerajinan terbaik dari UMKM Indonesia.

Dukungan dan pengakuan terhadap program PINTU Incubator ini telah diberikan BDMMA PARIS, yaitu sebuah Lembaga Terkemuka Profesi Desain, Mode, dan Seni di Paris yang membantu para brand dan kreatif muda untuk tumbuh dan mengembangkan aktivitas bisnisnya.

Setiap tahun, BBDMA telah memberikan bimbingan profesional kepada lebih dari 500 kreator, juga inkubator bagi 30 perusahaan di sektor desain, mode, dan kerajinan Perancis, Paris.

"Tujuan kami yaitu, membawa brand-brand lokal Indonesia ke pasar internasional. Sementara para kreatif muda dari Perancis akan mendapatkan pengetahuan mengenai ragam budaya tanah air," jelas Thresia Mareta, inisiator PINTU Incubator sekaligus founder dari LAKON Indonesia.

PINTU Incubator telah melangsungkan program inkubasi tahap pertama sejak bulan April hingga Agustus 2022, dengan kurasi tahap akhir dilakukan di runway JF3 fashion show pada 3 September 2022 yang lalu.

Setelah melalui 24 kelas bimbingan, oleh 26 pengajar/mentor yang terdiri dari pakar, dan praktisi yang sangat berkompeten, akhirnya terpilih 3 brand yang berhasil lolos dan memasuki tahap berikutnya, yaitu Oemah Etnik, WGB, dan Tailor Moon.

Kini, PINTU Incubator kembali menginkubasi brand-brand tersebut agar semakin matang dan siap untuk terjun ke pasar Internasional khususnya Perancis pada bulan Maret 2023 mendatang.

 

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut