get app
inews
Aa Read Next : Optimalkan TPSA Bagendung, Setneg Wapres dan Kemenko Marves Kunjungi Cilegon

Kunjungi Cilegon, Kabupaten Berau Jadi Daerah ke-15 yang Belajar Sampah

Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:51 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menerima kunjungan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan jajarannya di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Selasa (11/10/2022). (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id -  Pemerintah Kota Cilegon kembali menerima kunjungan dari Kabupaten/Kota lain untuk belajar pengelolaan sampah. Kali ini, dari Pemerintah Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur yang bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Selasa (11/10/2022).

Kunjungan yang dipimpin oleh Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan jajarannya ini diterima langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang didampingi para Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon.

Adapun maksud kedatangan Bupati Berau dan jajarannya yaitu, untuk mempelajari terkait mekanisme pengelolaan sampah yang ada di Kota Cilegon.

"Saat ini, Kota Cilegon tengah dikenal sebagai Kota yang mampu menciptakan inovasi pengolahan sampah yang dapat dijadikan sebagai bahan pendamping/co firing batu bara," kata Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.

Sri juga mengatakan, kunjungan kerja ini dilakukan atas ketertarikannya kepada Kota Cilegon dalam mengubah sampah menjadi energi listrik. "Saya ingin belajar banyak tentang Cilegon, terutama mengelola sampah menjadi bahan bakar listrik, sebab di tempat kami bahan bakar listrik itu full dari batu bara oleh karenanya saya tertarik dengan Kota Cilegon yang telah mengelola sampah menjadi energi listrik dengan tujuan untuk menghemat persediaan batu bara yang kami punya," ujarnya.

Sri mengklaim dengan pengelolaan sampah menjadi energi listrik dapat menghemat persediaan batu bara. "Dengan mengelola sampah menjadi energi listrik ini, kita dapat menghemat persediaan batu bara yang masih ada, dan Cilegon menjadi kota percontohan dalam hal mengelola sampah menjadi energi listrik ini," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan pengelolaan sampah di Kota Cilegon tengah menjadi percontohan bagi kota/kabupaten di Indonesia.

"Saat ini Kota Cilegon menjadi salah satu kota percontohan terkait proyek persampahan secara Nasional, dimana yang kita ketahui bersama bahwa Kota Cilegon telah berhasil dalam mengelola sampah yang dapat diubah menjadi bahan bakar energi listrik atau co fairing sebagai pendamping batu bara," ucapnya.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan Kabupaten Berau menjadi kota/kabupaten ke-15 yang menyambangi Kota Cilegon. "Sudah sebanyak 14 kota/kabupaten dari berbagai provinsi telah mengunjungi kota Cilegon untuk mempelajari tentang pengelolaan sampah ini, dan Kabupaten Berau ini menjadi kota/kabupaten ke-15 yang menyambangi kota Cilegon," tuturnya.

Helldy juga mengatakan, jika selain itu, Kota Cilegon juga telah mendapatkan apresiasi dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), di mana saat ini Kota Cilegon menjadi kota yang diberikan kepercayaan oleh PLN untuk dibuatkan pembangunan pabrik Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) plan pertama di Indonesia dengan nilai anggaran kurang lebih Rp10 miliyar.

"Pembangunan BBJP Plan yang berlokasi di TPSA Bagendung telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon pada tanggal 14 Juli 2022 dan diperkirakan akan rampung pada pertengahan bulan Oktober 2022. Adapun luas lahan yang digunakan, yaitu sebesar 1.400 M2 dengan luas bangunan 1.142 meter persegi serta akan memiliki mesin pencacah sebanyak 8 unit dan bedengan 8x1,2 meter sebanyak 14 unit," katanya. 

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut