get app
inews
Aa Read Next : Tak Banyak yang Tahu, Biji Labu Ternyata Bikin Prostat Tetap Greng!

Mencerahkan Kulit hingga Cegah Berbagai Penyakit, Ini 6 Manfaat Tepung Beras untuk Tubuh

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:15 WIB
header img
Sederet manfaat tepung beras. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tepung beras merupakan hasil penggilingan beras, baik beras putih maupun beras coklat. Perbedaan tepung beras putih dan coklat ada pada bagian dari biji padi yang digiling.

Tepung beras biasanya diolah menjadi berbagai kudapan tradisional. Namun, tepung beras juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tepung beras diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk Anda konsumsi jika sedang menjalani diet bebas gluten.

Berikut beberapa manfaat tepung beras, simak penjelasannya.

1. Mencerahkan kulit

Asam fitat dalam tepung beras tak hanya mampu merawat kulit berjerawat, tetapi juga dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah, mengurangi munculnya bintik hitam, serta menjadikan kulit terlihat awet muda.

Oleh karena itu, banyak produk perawatan kulit yang menambahkan ekstrak beras, dan mengklaim produk tersebut dapat mencerahkan kulit.

2. Merawat kulit berjerawat

Manfaat tepung beras untuk kecantikan lainnya adalah merawat kulit berjerawat. Tepung beras diketahui mengandung asam fitat yang merupakan antioxidant alpha hydroxy acid (AHA).

Bahan yang umum ditemukan dalam produk perawatan kulit ini dapat diekstraksi dari beragam biji-bijian, salah satunya beras.

3. Lindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Tepung beras yang dipakai langsung ke kulit diketahui dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, karena mengandung asam ferulat dan para-aminobenzoic (PABA atau vitamin B10).

Asam ferulat sendiri diketahui dapat melindungi kulit dari efek sinar UV dan sering ditemukan dalam serum perawatan kulit.

4. Membantu menurunkan berat badan

Tepung beras mengandung serat yang cukup tinggi sehingga mampu membuatmu kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan protein yang tinggi pada tepung beras juga dapat membantu kamu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Bahkan, kualitas protein pada beras diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, tepung beras coklat bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, serat yang tinggi pada makanan juga dapat meningkatkan metabolisme dan motilitas usus, sehingga mampu mencegah gangguan pada usus, seperti kelumpuhan atau kejang saluran cerna.

6. Cegah berbagai penyakit

Tepung beras, terutama tepung beras coklat, mengandung asam fenolik yang bersifat antioksidan.

Asam fenolik bermanfaat untuk mencegah terjadinya beragam penyakit, seperti diabetes tipe 2 serta kanker payudara dan kanker usus besar.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut