get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 5 Webtoon Action Seru untuk Para Penantang

Wow! Gunung Krakatau Disebut jadi Inspirasi Cerita Komik Seri X-Men, Benarkah?

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:15 WIB
header img
Krakoa disebut terinspirasi dari Gunung Krakatau. Foto: Istimewa/Komik X-Men

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Krakoa merupakan rumah bagi para mutan dalam komik seri X-Men, di mana mereka bisa tinggal dan hidup dengan nyaman kemungkinan terinspirasi dari salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia yaitu Gunung Krakatau

Krakoa sendiri sudah lama muncul di Marvel Comics, seperti halnya para mutan lain. Bahkan, Krakoa juga sudah menjadi salah satu karakter dan tempat sangat ikonik di berbagai judul komik X-Men.

Dalam cerita di Marvel Comics, Krakoa adalah sebuah pulau hidup atau sentient island. Krakoa pertama kali muncul pada tahun 1975 di komik Giant-Size X-Men #1 di mana dalam komik tersebut dijelaskan jika Krakoa awalnya merupakan sebuah pulau di Laut Pasifik. 

Pulau tersebut kemudian jadi tempat untuk uji coba bom nuklir. Radiasi dari nuklir yang meledak itulah yang kemudian dianggap memberikan “nyawa” bagi Krakoa

Di awal kemunculannya, Krakoa diperkenalkan sebagai seorang villain. Pulau hidup ini perlu menghisap energi yang ada di dalam tubuh para mutan agar bisa bertahan hidup. 

Karena itulah, pulau ini kemudian menjebak para mutan untuk menyerap energi mereka. 

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Wikipedia, yang membahas tentang Krakoa, nama tersebut memang terdengar mirip dengan gunung Krakatau yang sempat meletus di tahun 1883.

Dalam komik tersebut dijelaskan jika kapal selam milik The High Evolutionary meledak di dekat perairan gunung Krakatau. Jadi, kesimpulannya adalah Marvel Comics kemungkinan memang terinspirasi dari gunung Krakatau saat menciptakan Krakoa. 

Hal ini bisa dilihat dari adanya beberapa hal yang sama antara Krakoa dan Krakatau, meskipun Marvel Comics sendiri pernah menghadirkan gunung Krakatau dalam salah satu cerita komik.

Dan seperti yang kita tahu, ledakan atau erupsi dari gunung Krakatau selalu memunculkan gunung baru. Salah satu gunung yang populer akibat erupsi gunung Krakatau adalah gunung anak Krakatau. 

Sebenarnya, Marvel Comics sendiri pernah menghadirkan gunung Krakatau dalam salah satu cerita komik yaitu di komik Avengers Annual #17 yang rilis pada 1988.

Sayangnya, sampai sejauh ini memang pihak Marvel sendiri belum memberikan konfirmasi resmi mengenai hal itu. Tetapi, bukan hal mustahil jika Marvel Comics memang terinspirasi dari gunung Krakatau.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut