get app
inews
Aa Read Next : 5 PTN Favorit Jalur SNMPTN Tahun 2017-2021

Ini Dia Tren Konten Selama Tahun 2021 dan Prediksi di Tahun 2022

Selasa, 21 Desember 2021 | 16:04 WIB
header img
TikTok menjadi tempat dimana tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batas. (Foto: Tiktok.com)

JAKARTA, iNews.id-TikTok mengumumkan tren seputar kreativitas dan referensi video singkat di sepanjang tahun 2021 melalui "Year on TikTok 2021" secara virtual. Di dalamnya terdapat rangkuman kreator, efek, kategori video, hashtag challenge, selebriti, hingga musik terfavorit yang telah memperkaya video-video inspiratif di TikTok, sehingga memberikan kebahagiaan di sepanjang tahun ini.

"Year on TikTok 2021" menunjukkan bahwa TikTok menjadi tempat dimana tren dimulai dan kreativitas diekspresikan tanpa batasan. Video meme serial "Squid Games" dari akun @punyaibenk yang menjadi FYP favorit, resep acar bawang dan terong crispy yang menggemparkan dunia kuliner rumahan, kreator Sisca Kohl dengan tagline "Mari kita coba~" yang menghadirkan konten eksperimen makanan, hingga lagu "To the Bone" dari Pamungkas yang mengisi momen galau, menjadi gambaran keberagaman tren yang menghibur di TikTok tahun ini. Komunitas TikTok yang kini lebih dari 1 miliar di seluruh dunia ini juga senang membagikan rekomendasi produk dan menjadi wadah yang tepat untuk mendukung berkembangnya produk lokal. 

"Dengan semakin banyak dan beragamnya konten yang ada di platform digital, ke depannya, kreator akan didorong untuk tidak hanya menghasilkan konten yang positif, tetapi juga memiliki nilai ekonomi, atau bisa disebut konten produktif. Di sini, kreator dan juga platform digital akan lebih mengeksplorasi berbagai jenis konten dan kolaborasi, termasuk dengan brand, yang akan menjadikan dunia konten digital di tahun mendatang lebih menarik lagi," kata Enda Nasution, Digital Activist dan Social Media Advocate.

Di tahun 2021, TikTok telah menghadirkan berbagai fitur dan inisiatif untuk mendukung para kreator semakin produktif. Salah satunya adalah TikTok LIVE, yang telah menjadi kanal bagi semua pengguna, termasuk kreator, brand, UKM, pecinta game, hingga pemain di industri fesyen, bisa saling berinteraksi dan terhubung lewat fitur livestream. Selain itu, TikTok juga memperpanjang waktu durasi video sehingga pengguna bisa semakin leluasa mengeksplorasi kreativitas mereka melalui konten video.

“Durasi TikTok diperbaharui terus, yang tadinya hanya bisa upload 15 detik, jadi 30 detik, lalu 1 menit. Kita terus mencoba mengakomodir semua kebutuhan. Hadirnya tambahan fitur dan layanan ini merupakan komitmen TikTok untuk siapa saja tetap produktif dalam berkarya, menjalani bisnis, hingga mempelajari hal yang baru di TikTok,” jelas Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia. 

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut