get app
inews
Aa
Read Next : Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Wafat di Usia 94 Tahun

Inilah 5 Cara Mulai Bisnis Kos-Kosan, Dijamin Banyak Peminat

Jum'at, 03 Februari 2023 | 00:42 WIB
header img
Inilah 5 cara mulai bisnis kos-kosan, dijamin banyak peminat. Foto: MNC Media

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dalam ulasan di bawah, Anda dapat melihat dengan tepat cara memulai bisnis kos-kosan. Memiliki kos-kosan mungkin menjadi impian bagi banyak orang.

Sejauh ini, peluang bisnis kos-kosan masih menjanjikan. Namun, banyak dana yang harus dialokasikan untuk membangun kos-kosan tersebut.

Namun jangan berkecil hati jika Anda tidak mampu membelinya. Pertama, pastikan Anda sudah mengetahui ilmunya terlebih dahulu, sehingga menjadi bekal ketika Anda sudah siap untuk memulai bisnis kos-kosan.

Berikut, tim iNews telah menggabungkan informasi tentang memulai bisnis kos-kosan dari berbagai sumber. 

5 Cara Mulai Bisnis Kos-Kosan 

1. Siapkan Anggaran 

Langkah pertama dalam memulai wisma atau kos-kosan adalah membuat anggaran untuk pembangunan rumah. Hitung anggaran berdasarkan biaya yang dikeluarkan. Mempersiapkan dana adalah salah satu langkah awal dalam memulai bisnis kos-kosan.

Anda dapat memilih cara dengan bekerja sama dengan teman atau mencari investor untuk menyiapkan dana untuk pembangunan. Persiapkan dana terlebih dahulu agar lebih matang saat Anda siap terjun kedalam bisnis kos-kosan.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Setelah dana terkumpul, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi lokasi yang strategis untuk pembangunan gedung/rumah. Menemukan lokasi yang strategis adalah aspek penting yang tidak boleh diabaikan.

Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan perkantoran atau institusi pendidikan seperti universitas. Ini dapat menarik banyak orang untuk menyewa kosan Anda.

3. Buat Desain Bangunan yang Terbaik

Langkah selanjutnya adalah membuat desain bangunan yang unik dan optimal. Orang akan lebih memilih kosan yang didesain unik dan berbeda dari yang ada sebelumnya.

Lakukan ini dengan hati-hati saat mempersiapkan desain proyek Anda. Ini cukup penting mengingat Anda akan menemukan banyak pesaing yang sudah memiliki pelanggan.

4. Beri Fasilitas yang Sesuai

Setelah konstruksi selesai, pastikan untuk menyiapkan semua jenis layanan untuk calon pelanggan. Jika konsep mewah adalah yang terpenting, Anda dapat menambahkan layanan seperti penawaran AC, televisi, dan kamar mandi pribadi, kasur, lemari pakaian dan dapur. Tentunya harga sewa tergantung peralatan yang disediakan.

5. Utamakan Kebersihan dan Perawatan

Langkah terakhir ini tidak boleh sampai dilewati. Jika Anda ingin memulai bisnis kos-kosan tentunya tujuan utamanya adalah menawarkan layanan terbaik kepada calon penyewa.

Hal yang sama berlaku untuk pembersihan dan pemeliharaan wisma atau rumah jika Anda ingin memulai bisnis kos-kosan, Agar penghuni akan merasa lebih nyaman dan betah, tidak menutup kemungkinan penghuni siap untuk terus menyewa kos-kosan Anda.

Inilah informasi cara memulai bisnis kos-kosan yang perlu Anda ketahui. Kami harap informasi ini akan memperkaya pengetahuan Anda dan bermanfaat bagi Anda.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut