Logo Network
Network

Bikin Bangga, Pemuda asal Banjar Pandeglang Terpilih jadi Anggota KPU Australia 

Ila Nurlaila Sari
.
Jum'at, 03 Februari 2023 | 07:45 WIB
Bikin Bangga, Pemuda asal Banjar Pandeglang Terpilih jadi Anggota KPU Australia 
Abbadi Said Thalib, pemuda asal Banjar Pandeglang terpilih jadi anggota KPU Australia Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Setelah melalui seleksi administrasi dan wawancara yang sangat ketat, aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Abbadi Said Thalib, warga Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang menetap di Melbourne Australia dinyatakan lulus seleksi di urutan pertama dengan skor nilai tertinggi sebagai anggota Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) 2024.

Dalam seleksi anggota PPLN 2024 yang mencangkup wilayah negara bagian Victoria dan Tasmania ini, dilaksanakan oleh Konsulat Jenderal RI di Melbourne Australia.

Hasil dari keputusan seleksi disampaikan kepada KPU RI sebagai rekomendasi yang akan ditindaklanjuti oleh KPU RI, dengan diberikannya surat keputusan atau SK pengangkatan secara resmi sebagai anggota KPU di luar negeri.

Sebelumnya, ada 20 calon anggota yang dinyatakan cakap secara administrasi yang menjalani tahapan wawancara yang terdiri dari para diaspora Indonesia dengan latar belakang pengalaman organisasi yang luas, dan kecakapan akademis yang tinggi.

Setelah melalui tahapan wawancara yang kompetitif, terpilihlah 7 anggota panitia yang akan mengemban amanah negara.

Abbadi Said Thalib menorehkan sejarah sebagai Putra Pandeglang pertama yang berhasil terpilih sebagai anggota PPLN di Melbourne. 

Ia terpilih karena dedikasi dan pengalaman yang luas dalam bidang organisasi selama 16 tahun.

"Untuk itu, saya sangat bangga bisa terpilih sebagai anggota PPLN Melbourne dan mewakili Pandeglang Banten. Ini adalah kesempatan yang baik untuk membantu memastikan bahwa warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dapat memberikan hak suaranya pada pemilu mendatang," kata Abbadi. Kamis (2/2/2023).

Kata Abbadi, yang juga sebagai Sekretaris Majlis Perwakilan KAHMI Australia-Newzealand, berdassrkan data dari kementerian Luar Negeri, ada lebih dari 200.000 warga negara Indonesia yang tinggal di Australia, dan ada 13.000 WNI yang mempunyai hak pilih di wilayah Victoria dan Tasmania.

Untuk itu, lanjutnya, peran PPLN sangat penting untuk memastikan bahwa semua warga Indonesia yang berhak memilih dapat menjalankan haknya dengan mudah dan lancar.

"Pembentukan PPLN juga menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa warga negaranya yang tinggal di luar negeri memiliki akses yang sama untuk memberikan suaranya pada pemilu. Kami berharap bahwa melalui pelantikan ini, kami dapat memastikan bahwa semua warga Indonesia yang tinggal di luar negeri memiliki akses yang sama untuk berpartisipasi dalam pemilu dan memilih pemimpin mereka," katanya.

Abbadi Said Thalib berharap, dengan adanya pemilihan anggota PPLN dapat memastikan bahwa pemilu di Melbourne berlangsung dengan lancar, jujur dan adil.

"Kami dan yang lainnya akan bekerja keras, untuk memastikan bahwa semua warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dapat memberikan suaranya dengan mudah dan lancar pada pemilu 2024 mendatang," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini