get app
inews
Aa Read Next : Tak Banyak yang Tahu, Biji Labu Ternyata Bikin Prostat Tetap Greng!

Ampuh Redakan Diare hinggga Cegah Kanker, Ini Segudang Manfaat Sawo untuk Kesehatan

Selasa, 21 Februari 2023 | 11:19 WIB
header img
Segudang manfaat sawo untuk kesehatan. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Sawo adalah buah tropis yang memiliki nama latin Manilkara zapota. Nama lain dari sawo adalah sapodilla, sapota, dan naseberry.

Buah ini banyak tumbuh di negara Amerika bagian tengah, Meksiko, dan Karibia. Akan tetapi, saat ini sudah banyak dibudidayakan di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Buah berdaging dan berkulit cokelat ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Tidak hanya rasanya yang manis, sawo juga ternyata memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Segudang manfaat sawo untuk kesehatan

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkap mengenai kandungan gizi dan manfaat sawo.

1. Ampuh redakan diare

Penelitian yang dilakukan oleh University of Science and Technology India menunjukkan bahwa serat di dalam sawo dapat membantu meringankan berbagai gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaannya seperti sembelit, diare, wasir alias ambeien. Serat dapat mencegah penyakit kronis di kemudian hari, seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker usus besar.

Selain itu buahnya, kulit, batang, dan daun sawo juga memiliki manfaat sebagai obat antidiare. Kandungan senyawa tanin yang terkandung di dalamnya bisa membunuh berbagai bakteri.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu bisa mengonsumsi buah sawo yang mengandung serat ini.

Anda bisa mengonsumsi sawo tiga buah dalam satu minggu. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

Dikutip dari Healthy Focus, kandungan serat dalam sawo membuat merasa kenyang lebih lama tanpa harus menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh.

Hasilnya, kamu tidak cepat lapar sehingga nafsu makan makan menurun dan porsi makan lebih sedikit. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

3. Redakan demam dan radang

Penelitian Asian Pacific Journal of Tropical Disease menemukan bahwa ekstrak daun sawo memiliki manfaat sebagai antiradang dan antipiretik.

Oleh karena itu, ekstrak daun sawo membantu meringankan peradangan serta demam.

Sayangnya, penelitian ini dilakukan pada tikus. Untuk itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan manfaat daun sawo pada manusia.

4. Tingkatkan Kekebalan tubuh

Vitamin C di dalam sawo juga memiliki manfaat untuk perkembangan tulang dan penyerapan zat besi.

Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri, sehingga Anda bisa mendapatkannya dari makanan sehari-hari.

Selain sawo, makanan tinggi vitamin C yaitu jeruk, paprika, kiwi, brokoli, dan tomat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut