get app
inews
Aa
Read Next : Mantan Pacar Anggi Nangis Diminta Uang Ganti Pernikahan

Bersih tanpa Bikin Perih! Begini Cara Cepat Kupas Bawang Merah dalam Jumlah Banyak

Senin, 06 Maret 2023 | 09:08 WIB
header img
Cara cepat kupas bawang merah. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Bumbu dapur yang satu ini memang dikenal punya aroma cukup kuat, bahkan bisa menyebabkan seseorang menangis saat mengupas dan mengirisnya.

Dilansir iNewsCilegon.id dari customs.go.jp, bawang merah yang dikupas dan diiris dapat mengeluarkan enzim yang dapat berubah jadi asam sulfat saat berada di udara.

Asam sulfat inilah yang jadi penyebab saraf di sekitar mata iritasi hingga mengeluarkan air mata. 

Namun, sejumlah cara bisa dilakukan untuk mencegah momen nangis saat mengupas bawang merah ini, lho. 

Salah satunya sempat dibagikan di kanal YouTube milik warganet bernama Nasrulloh.

Dalam video unggahannya, terlihat Nasrulloh memanfaatkan alat bor yang dimilikinya di rumah. Bagian ujung bor yang biasa digunakan untuk bahan bangunan, ia ganti terlebih dahulu dengan besi buatan sendiri. Besi tersebut ia bentuk mirip alat whisker tapi dengan ukuran lebih besar.

Nasrulloh kemudian menyiapkan bawang merahnya di dalam baskom besar. Ia juga mengisi baskom tersebut dengan air sampai semua bawang merahnya benar-benar terendam sempurna. Setelah itu, ia aduk bawang merah tersebut menggunakan bor yang sudah ia siapkan sebelumnya.

Dengan jumlah bawang sebanyak itu, Nasrulloh hanya membutuhkan waktu 3-4 menit diaduk menggunakan bor, kulit bawang merahnya pun otomatis terlepas. 

Tak hanya tersangkut pada besi, tapi juga larut bersama air di dalam baskom.Nasrulloh menjelaskan, kecepatan bornya harus diatur agar bawang tak mudah rusak.

"Kita menggilingnya pakai speed (kecepatan) yang pelan-pelan saja, biar nggak hancur bawang merahnya nggak memar-memar," kata Nasrulloh.

Wah, patut dicoba nih!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut