Logo Network
Network

Helldy Agustian Minta Satpol PP Bersikap Humanis

Mohamad Hidayat
.
Sabtu, 18 Maret 2023 | 14:40 WIB
Helldy Agustian Minta Satpol PP Bersikap Humanis
Wali Kota Helldy Agustian menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke-73 di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Jum'at (17/3/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian berpendapat bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki tugas yang cukup berat dan memiliki tingkat resistensi tinggi terhadap gesekan dan konflik.

Atas dasar itu, petugas Satpol PP perlu memiliki jiwa kedisiplinan tinggi, berdedikasi, tegas dan mampu bersikap humanis. Hal itu dilakukan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pengayom dan pelindung bagi masyarakat.

"Kinerja Satpol PP ini memiliki kerentanan terhadap gesekan dan konflik. Humanis diperlukan karena pelayanan Satpol PP itu berhubungan langsung dengan masyarakat. Jadi, sentuhan kemanusiaan itu sangat dibutuhkan. Di mana, salam sapa dan senyum atau 3S sangat diperlukan. Hal itu bertujuan untuk menunjukan bahwa Satpol PP memiliki kepribadian yang ramah dan tulus dalam melayani masyarakat,” kata Helldy Agustian saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke-73 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-61 yang dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor Wali Kota Cilegon, Jum'at (17/3/2023).

Selain itu, tambah Helldy, petugas Satpol PP juga harus memiliki sikap yang tegas dan berani mengambil keputusan dengan berlandaskan pada peraturan dan undang-undang, sehingga sikap kehati-hatian tetap terjaga.

“Satpol PP tidak boleh ragu dalam mengambil keputusan, namun harus didasari ketentuan undang-undang,” tambahnya.

Menurut Helldy, Satpol PP memiliki peranan strategis dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, menjaga kententraman dan ketertiban umum. Bahkan, Satpol PP juga merupakan salah satu perangkat utama bagi jalannya roda pemerintah daerah.

“Satpol PP ini sebagai tangan kanan dari wali kota. Sebab, tidak mungkin pembangunan daerah dapat terlaksana jika ketertiban umum dan ketentraman masyarakat tidak dapat dijaga. Kehadiran Satpol PP ini harus bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

Dengan risiko dan tanggungjawab yang besar itu, Helldy meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Cilegon agar dapat menempatkan aparatur di Satpol PP dengan mempertimbangkan kompetensi dan latar belakang keilmuan. Sebab, tidak mungkin wibawa pemerintah tetap terbangun apabila aparatur penegak regulasinya tidak kompeten.

“Saya berharap agar Satpol PP dapat menjaga kehormatan yang dimiliki dan mampu menjaga kedisiplinan diri serta ketegasan saat bertindak, sehingga kewibawaan Polisi Pamong Praja dapat terjaga,” harapnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.