Logo Network
Network

Pendaftaran Mudik Gratis Pemkot Cilegon Dibuka Besok

Mohamad Hidayat
.
Minggu, 09 April 2023 | 15:18 WIB
Pendaftaran Mudik Gratis Pemkot Cilegon Dibuka Besok
Kepala Dinas Kominfo, Statisik dan Persandian Kota Cilegon Didin S Maulana (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Pemkot Cilegon menggelar mudik gratis. Ada 16 daerah tujuan pada mudik gratis 2023 ini yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra.

Antara lain Garut, Cirebon, Kuningan, Banjar dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat); kemudian Semarang, Solo, Wonosobo, Purwokerto, Pekalongan dan Yogyagarta (Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta); lalu Malang, Ngawi dan Surabaya (Provinsi Jawa Timur), serta Palembang (Provinsi Sumatera Selatan).

Kepala Dinas Kominfo Kota Cilegon Didin S Maulana menjelaskan, pendaftaran mudik gratis akan dibuka pada Senin (10/4) hingga Jumat (14/4) mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, di Radio Mandiri FM Cilegon yang terletak di Kantor Dinas Kominfo Lantai I, Jalan Jenderal Soedirman, Nomor 2, Kota Cilegon.

"Persyaratannya mudah sekali, hanya memiliki dan menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Kota Cilegon," jelas Didin, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon, Minggu (9/4/2023).

Adapun pemberangkatannya, tambah Didin, akan dilepas secara serentak oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pada Selasa, 18 April 2023, pukul 15.30 WIB di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Jalan Jenderal Soedirman, Nomor 2, Kota Cilegon.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengapresiasi sejumlah industri di Kota Cilegon yang mendukung sehingga daerah tujuan mudik gratis pada tahun ini bertambah hingga ke Palembang.

"Sementara ini yang ke arah Sumatra baru sampai Palembang karena kesanggupan driver baru sampai situ. Mudah-mudahan ke depan bisa semakin jauh menjangkau kota-kota lainnya," kata dia.

Helldy berharap kegiatan mudik gratis ini dapat membantu para perantau yang rindu dan ingin berlebaran di kampung halamannya. "Kami memahami bahwa Cilegon ini kota urban yang banyak pendatang dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karenanya kami berharap kegiatan mudik gratis ini dapat membantu mereka yang ingin pulang kampung," harapnya.

Selain itu, kegiatan mudik gratis juga diharapkan dapat mengurangi volume lalu lintas di jalan raya sehingga bila itu dilakukan secara serentak oleh banyak pemerintah daerah bisa memperlancar arus mudik pada tahun ini. "Pemerintah daerah lain juga banyak yang mengadakan, saya yakin ini dapat berkontribusi memperlancar arus mudik," katannya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini