get app
inews
Aa Read Next : Dua Pemuda asal Pandeglang Dilaporkan Hilang dalam Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman

Dinkes Kota Cilegon Siagakan Lima Posko Kesehatan di Jalur Mudik

Selasa, 11 April 2023 | 17:26 WIB
header img
Dinkes Kota Cilegon Siagakan Lima Posko Kesehatan di Jalur Mudik (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilego.id - Dinkes Kota Cilegon bakal menyiapkan lima posko kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah selama arus mudik 2023. Posko kesehatan tersebut beberapa di antaranya tergabung bersama instansi lain.

Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Cilegon Febri Naldo mengatakan, kelima posko kesehatan itu antara lain ada di Terminal Terpadu Merak, Pintu Tol Merak, halaman Cilegon Center Mall (CCM), perempatan Jalan Lingkar Selatan (JLS), serta di Ciwandan.

"Sementara yang di CCM kita masih menunggu kepastian tempatnya. Kalau yang lain sepertinya sudah final lokasinya," kata Febri, usai rapat koordinasi teknis dan non-teknis persiapan pembentukan posko Lebaran, Senin (10/4/2023).

Dijelaskan Febri terdapat puluhan tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat hingga ambulans yang siap siaga 24 jam dalam melayani masyarakat.

"Satu posko siaga 24 jam. Dalam satu shift ada lima orang yang berjaga, ditambah fasilitas ambulans mobil dan sepeda motor, tabung oksigen. Untuk petugas kesehatan di posko kita buat tiga shift," ujarnya.

Rencananya, kata dia, posko kesehatan akan mulai beroperasi pada 18 hingga 30 April 2023. Adapun pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaaan kesehatan kedaruratan.

"Pelayanan kesehatan, terutama yang emergency. Tapi kalau pemudik mau sekedar istirahat karena lelah dan lain sebagainya, ya silahkan mampir. Dengan senang hati kami berikan pelayanan terbaik," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan sebelum berangkat menempuh perjalanan ke kampung halaman dan memersilahkan kepada para pemudik yang merada tidak sehat atau kelelahan dapat beristirahat.

"Jangan sampai memaksanakan diri kalau sedang sakit atau kelelahan, manfaatkan fasilitas kesehatan seperti posko-posko kesehatan yang telah disediakan," pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon drg. Ratih Purnamasari berharap keberadaan posko kesehatan di sepanjang jalur mudik di Kota Cilegon dapat membantu warga yang hendak mudik, terutama bila di perjalanan terkendala masalah kesehatan.

"Tentu kami berharap para pemudik dapat menempuh perjalanan dengan lancar, tapi kalau terkendala masalah kesehatan silahkan gunakan fasilitas posko kesehatan ini," katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut