Logo Network
Network

Wali Kota Cilegon Minta Hari Kebangkitan Nasional Tak Dimaknai Seremonial

Mohamad Hidayat
.
Senin, 22 Mei 2023 | 16:52 WIB
Wali Kota Cilegon Minta Hari Kebangkitan Nasional Tak Dimaknai Seremonial
Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Senin (22/5/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meminta agar peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidak dimaknai secara seremonial, namun harus dipahami esensi dan sejarah kebangkitan nasionalnya.

Demikian disampaikan Helldy saat upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Senin (22/5/2023).

"Jangan maknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai acara seremonial saja, tetapi pahami esensi sejarah kebangkitan nasionalnya serta historis di balik peringatan hari kebangkitan nasional ini," kata Helldy sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Menurut Helldy, peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidak terlepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo yang menjadi momentum kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia.

Organisasi yang berdiri 20 Mei 1948 itu menjadi organisasi pelajar pertama yang ditetapkan Presiden Soekarno untuk mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Organisasi Boedi Oetomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang bersifat Nasional dan Modern terutama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.
"Organisasi Budi Utomo didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa Stovia pada tahun 1908. Organisasi ini lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain yang memiliki tujuan akhir kemerdekaan," tuturnya.

Dijelaskan Helldy, tujuan didirikannya organisasi Boedi Oetomo yaitu untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat yang berfokus pada pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

"Boedi Oetomo telah meletakan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni kemerdekaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Selain itu, Boedi Oetomo ini juga sebagai pelopor terciptanya organisasi indische partij (partai politik masa Hindia Belanda), Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah," jelasnya.

Melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115 ini, Helldy berharap semangat bara api kebangkitan yang dijaga saat ini dapat menjadi penerang harapan serta penunjuk jalan bagi generasi penerus.

"Saya minta seluruh Masyarakat dan ASN dapat terus berjuang, belajar, bertumbuh dan melangkah maju dengan semangat yang kuat. Sebab, dengan semangat yang menggelora saya yakin jika masa depan bangsa Indonesia ini akan lebih baik khususnya Kota Cilegon," harapnya.

 

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini