get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

100 Persen Bebas BABS, Kota Cilegon Siap Jadi Tuan Rumah AKKOPSI 2024

Jum'at, 16 Juni 2023 | 15:05 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian (tengah) menghadiri acara City Sanitation Summit (CSS) di Kabupaten Bandung, Kamis (15/6/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menghadiri kegiatan pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) XXI tahun 2023 (14-16 Juni 2023), di Kabupaten Bandung, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan tersebut merupakan agenda Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) untuk bertukar pengalaman, membangun kemitraan, advokasi, dan promosi.

Agenda CSS XXI 2023 meliputi seminar, sharing session, rapat kerja nasional, kunjungan lapangan, dan expo yang diikuti 488 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Wali Kota Helldy yang selaku Sekretaris Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), mengatakan, bahwa CSS XXI 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Bandung merupakan hal yang sangat positif untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan sanitasi.

"Tentu saya sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan ini dan saya sangat bersyukur Kota Cilegon telah mencapai target 100 persen stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan sarana prasarana yang dimilikinya pun sudah sangat bagus mulai dari air, pengelolaan sampah dan lainnya sehingga Kota Cilegon menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) award, serta menjadi projek percontohan oleh wilayah lain," ujar Helldy.

Helldy pun berterima kasih kepada Ketua Umum AKKOPSI yang sekaligus Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang menunjuk Kota Cilegon tahun 2024 untuk menjadi tuan rumah kegiatan penyelenggaraan AKKOPSI.

"Kita menyambut baik ditunjuknya Kota Cilegon sebagai tuan rumah penyelenggaraan AKKOPSI tahun 2024 mendatang, dan kita siap menyambut tamu-tamu pemimpin kepala daerah dari wilayah lain," jelas Helldy.

Sama halnya dengan Wali Kota Helldy, Kepala Dinkes Kota Cilegon Ratih Purnamasari menyambut baik kegiatan City Sanitation Summit tersebut dan bangga atas pencapaian Kota Cilegon yang sudah bebas 100 persen BABS.

"Ini buah hasil dari proses yang telah dicapai oleh Kota Cilegon. Mulai dari tahun 2017 hingga 2022 kita akhirnya mencapai 100 persen dari 43 kelurahan telah BABS," kata Ratih.

"Saya pun berharap, derajat kesehatan Kota Cilegon dapat tercapai setinggi-tingginya," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut