get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Ini Fungsi Tuas Kecil di Handle Rem Belakang Motor Matic

Selasa, 20 Juni 2023 | 10:43 WIB
header img
Tuas kecil ini adalah fitur Parking Brake Lock yang dimaksud. Ketika Anda tekan, maka rem belakang motor Anda akan terkunci secara otomatis. Foto : federaloil

CILEGON, iNewsCilegon.id - Saat kita mengoperasikan tuas rem pada sepeda motor matic, kita akan melihat adanya sebuah komponen kecil di pangkalnya. Fitur ini hampir tersedia pada semua sepeda motor matic.

Tepatnya berdampingan dengan handel rem belakang, terdapat sebuah tuas kecil. Bagi yang belum tau, tuas kecil ini dikenal sebagai parking brake lock atau yang sering disebut sebagai "pengunci rem".

Parking Brake Lock memiliki peran penting dalam menjaga keamanan saat mengendarai sepeda motor terutama dalam hal pengereman. 

Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mengunci handel rem, terutama ketika berhenti di tanjakan.

Cara kerjanya pun sederhana, cukup tekan tuas rem dan kemudian aktifkan fitur kecil tersebut. Dengan begitu, roda motor akan terkunci secara otomatis. 

Untuk melepasnya, pengendara hanya perlu memberikan sedikit tekanan pada tuas rem, dan penguncian rem akan secara otomatis terlepas.

Dengan adanya pengunci rem tersebut tangan bebas pegal karena harus menahan handel rem saat berhenti atau macet di jalan tanjakan atau turunan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut