get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Wow! Dalang Muda asal Cimanuk Pandeglang Siap Go Internasional

Senin, 03 Juli 2023 | 19:03 WIB
header img
Aming Ajen (17), dalang muda asal Kab. Pandeglang siap Go Internasional. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Muhamad Armin atau lebih dikenal Aming Ajen (17), dalang muda asal Kabupaten Pandeglang siap Go Intermasional dengan cara mengikuti festival wayang di Thailand dan Prancis yang akan digelar pada September 2023 mendatang.

Niat Aming Ajen yang ingin mengharumkan nama daerah inipun mendapat dukungan luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Diketahui, Aming Ajen sudah mengenal wayang sejak usianya 4 taun. Aming Ajen merupakan warga Kampung Monggor, Desa Batubantar, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Mengetahui rencananya mengikuti Festival Wayang di luar negeri yakni di Thailand dan Perancis mendapat suport dari Pemerintah, Aming Ajen yang masih duduk dibangku kelas 2 SMKN 1 Pandeglang ini mengaku sangat senang. 

"Di suport oleh orang nomor 1 di Pandeglang, saya sangat senang sekali, terima kasih kepada Ibu Bupati Pandeglang beserta jajaran," ucap Aming. Senin (3/7/2023).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Pandeglang Neneng Nuraeni mengatakan, pihaknya sangat mendukung pengembangan seni perwayangan di Pandeglang. Namun, sejauh ini belum ada wadah atau sanggar khususus dalang di Pandeglang.

"Kalau senimannya ada, jika ada sanggar khusus kita akan bantu promosi dan pembinaan, mudah - mudahan dalang Aming bisa buat sanggar sendiri kita bisa bantu dan kolaborasi," ujar Kadisparbud Kabupaten Pandeglang Neneng Nuraeni.

Neneng menuturkan, saat ini memang Aming bergabung di sanggar seni di Tasik, hal ini karena Pandeglang belum ada sanggar yang menaungi perdalangan.

"Jika kedepan Aming ini punya sanggar sendiri, kita akan fasilitasi. Kita punya balai budaya dan punya program ruang publik berkreasi itu bisa dimanfaatkan," kata Neneng.

Sementara itu, Bupati Irna berharap sosok Aming ini bisa menjadi pelopor bagi kaula muda untuk terus menggeluti kesenian perwayangan di Pandeglang.

"Ibu sangat bangga kepada Aming, masih muda tapi talentanya luar biasa menyukai kesenian yang jarang digeluti oleh anak seusianya," tutur Irna.

Menurut Irna, Amin Ajen adalah sosok agen perubahan dalam rangka melestarikan budaya kesenian tradisional.

"Semoga ini mengedukasi, menghibur, warga Thailand, mereka bisa tau ternyata banyak budaya tradisional menarik di Indonesia dan Pandeglang," terangnya.

Lebih lanjut Bupati Irna meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan agar terus mendorong para penggiat seni dan budaya agar menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal.

"Semoga ada Aming lainnya yang akan go Internasional untuk mengharumkan daerah dengan kearifan lokal," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut