get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Mengenal Fitur Side Stand Switch pada Motor Matic

Rabu, 05 Juli 2023 | 08:27 WIB
header img
Meskipun fitur Side Stand Switch pada motor matic sangat praktis, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan masalah pada aki. Foto : Honda Community

CILEGON, iNewsCilegon.id - Semakin majunya teknologi dalam industri sepeda motor, kini hadir banyak fitur inovatif yang memudahkan pengemudi motor.

Salah satunya fitur Side Stand Switch atau penyanggah samping yang disediakan beberapa pabrikan motor matic.

Side Stand Switch ini adalah fitur canggih yang memungkinkan pengemudi mematikan mesin secara otomatis ketika menurunkan standar samping motor.

Fitur penunjang keselamatan ini dikembangkan dengan sederhana namun tepat guna. 

Cara kerjanya, dalam komponen side stand switch terdapat saklar yang terhubung secara langsung dengan Engine Control Module (ECM). 

Jika standar samping turun, maka otomatis ECM akan memutus pengapian mesin sehingga mesin mati/tidak dapat dihidupkan.

Fitur ini dirancang untuk membantu pengendara agar tidak lupa menaikan standar samping sebelum memulai perjalanan. 

Sebab mengendarai motor tanpa menaikan standar samping dapat membahayakan pengemudi motor, lebih buruk lagi bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Meskipun fitur Side Stand Switch pada motor matic sangat praktis, serta membantu menunjang keselamatan, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan masalah pada aki motor. 

Saat standar samping digunakan untuk mematikan mesin, kelistrikan motor tetap aktif, yang dapat menyebabkan aki menjadi soak.

Penting bagi pengendara motor untuk memahami bahwa saat menggunakan Side Stand Switch, kunci kontak harus segera dimatikan setelah mesin mati. 

Hal ini penting untuk menghindari konsumsi daya yang berlebihan dan memastikan bahwa kelistrikan motor benar-benar mati.

Meskipun tidak ada masalah jika Side Stand Switch digunakan secara wajar, penggunaan yang terlalu sering atau terlalu lama dapat menyebabkan aki menjadi lemah dan akhirnya mengalami masalah. 

Untuk menjaga kinerja optimal aki, sebaiknya pengendara hanya menggunakan Side Stand Switch ketika diperlukan, misalnya saat berhenti sebentar atau dalam situasi tertentu di mana mematikan mesin dengan fitur tersebut.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut