get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Uniknya Goa Safarwadi di Tasikmalaya, Goa yang Konon Bisa Tembus Ke Mekkah

Kamis, 27 Juli 2023 | 10:44 WIB
header img
Uniknya Goa Safarwadi, bisa ambil air zam zam. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsCilegon.id - Goa Safardi yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat konon disebut merupakan jalan tersembunyi yang tembus ke Mekkah, Arab Saudi.

Tak hanya itu, di kota yang terkenal dengan kerajinan hasil tangannya ini juga terdapat berbagai objek peninggalan bersejarah lainnya. Salah satunya Gua Safarwadi sebagai tempat kediaman dan beraktivitas Syekh Abdul Muhyi dan para pengikutnya.

Goa Safarwadi memiliki panjang mencapai 284 meter dengan memiliki dua ujung, ujung pertama sebagai pintu masuk yang berada di Kampung Pamijahan. Dimana ujung kedua sebagai pintu keluar goa yang menembus ke Kampung Panyalahan.

Sebelum masuk ke dalam gua, kita akan didampingi oleh seorang guide yang akan menjelaskan objek-objek yang ada di dalam gua. Pada mulut gua, guide akan mengumandangkan adzan ataupun sholawat sebelum masuk ke gua.

Beberapa meter dari mulut gua kita disuguhi dengan jalan sempit dan licin sehingga kita perlu berhati-hati. Selain gua ada juga makam Syekh Abdul Muhyi, yang terletak tidak jauh dari gua. Makan ini juga ramai dikunjungi peziarah setiap harinya.

Di dalam gua terdapat banyak objek yang menarik pengunjung, mulai dari jalan yang dianggap sebagai jalan para wali untuk menuju ke Mekah.

Sampai juga pada objek stalakmit yang meneteskan air yang disebut sebagai Ci Zam Zam yang konon katanya merupakan air suci yang memiliki khasiat seperti air Zam Zam di Mekah. Maka tak heran, jika banyak Botol dan jerigen yang digunakan pengunjung untuk mengambil air yang berada di dalam gua.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut