get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Waspada Ancaman Banjir Rob Awal Agustus di Pesisir Banten dan 9 Pesisir Lainnya di Indonesia  

Senin, 31 Juli 2023 | 11:49 WIB
header img
Full Moon hadirkan banjir banjir rob di pesisir Banten dan 9 pesisir lainnya di Indonesia. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan himbauan terkait potensi banji rob pada awal Agustus 2023 mendatang, hal ini menyusul terjadinya fenomena full moon yang terjadi pada 1-2 Agustus mendatang.

Dikutip iNewsCilegon.id dari keterangan resmi BMKG, Senin (31/7/2023), menyatakan bahwa peristiwa tersebut bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 2 Agustus 2023, yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Jarak terdekat Bulan ke Bumi tersebut mengakibatkan air laut mengalami pasang akibat daya tarik gravitasi Bulan.

Ada 10 pesisir pantai di Indonesia yang akan terdampak yakni, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Bali, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Maluku dan Pesisir Papua Selatan.

Berdasarkan fata yang dihimpun, lokasi dan potensi Rob di Banten berpeluang terjadi di pesisir utara Banten pada 31 Juli-2 Agustus 2023, pesisir barat Banten 31 Juli-5 Agustus 2023, pesisir selatan Banten 30 Juli-6 Agustus 2023. 

Masyarakat pun diimbau selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, imbas dari fenomena full moon serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut