get app
inews
Aa Read Next : Angka Stunting di Cilegon Turun ke Angka 2,92 Persen di Bulan Agustus 2024

20 KUB dan 2 Koperasi Nelayan di Pandeglang Terima Bantuan Mesin Kapal Laut dari Dinas Perikanan

Kamis, 10 Agustus 2023 | 10:58 WIB
header img
2 Koperasi dan 20 KUB Nelayan di Pandeglang dapat bantuan mesin Kapal laut 15 PK dan 30 PK dari Dinas Perikanan. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sebanyak 2 koperasi dan 20 kelompok usaha bersama (KUB) Nelayan di Kabupaten Pandeglang mendapat bantuan mesin kapal laut 15 Paardenkracht (PK) dan 30 PK dari Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang. Hal itu terungkap dalam kegiatan pelatihan service kapal 15 PK yang diikuti oleh 150 orang nelayan, bertempat di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pandeglang Kecamatan Labuan. Rabu (9/8/2023).

Kepala Dinas Perikanan Budi S Januari  mengatakan, 2 koperasi dan 20 KUB nelayan tersebut diberikan bantuan mesin kapal 15 PK dan 30 PK yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Bantuan mesin kapal 30 PK diterima oleh 4 kelompok usaha bersama, sedangkan bantuan mesin kapal 15 PK diterima oleh 2 koperasi dan 20 kelompok usaha bersama," jelas Budi.

Selain itu, Budi juga menuturkan, bahwa selain diberikan bantuan mesin kapal, para nelayan ini juga diberi pelatihan, agar kemampuan dan kemandirian nelayan meningkat.

"Para nelayan tidak lagi tergantung pada pihak lain jika ada kerusakan, karena sudah mempunyai daya saing dan keterampilan mandiri," kata Budi.

Budi menjelaskan, peserta diberikan pengetahuan tentang pengenalan teknologi permesinan kapal, jeni mesin penggerak kapal, jenis kerusakan dan teknik mendiagnosa kerusakan yang terjadi.

"Melalui pelatihan ini, Nelayan akan mengetahui bagaimana teknik perawatan mesin secara berkala dan terencana," ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menambahkan, dengan pelatihan ini akan ada transfer ilmu terkait perawatan mesin perahu bagi para nelayanan.

"Materi yang disampaikan dapat membuka wawasan nelayan terhadap perkembangan teknologi permesinan kapal ikan yang lebih maju dan ramah lingkungan," tandasnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut