get app
inews
Aa
Read Next : Benarkah THR Awalnya Hanya untuk PNS? Cek Faktanya

Sebagian PNS Akan Dipindahkan ke Ibu Kota Baru Awal 2024

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:23 WIB
header img
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai dilakukan awal 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan draft pemindahan ASN sudah ada. Namun belum bisa secara detail dibeberkan skema pemindahan ASN tersebut.

“Wah (pemindahan PNS ke IKN Nusantara) masih lama, awal 2024. Draf skema sudah ada. Belum bisa diumumkan terbuka dulu,” kata Tjahjo, Selasa (18/1/2022).

Dikutip dari laman ikn.go.id disebutkan pemindahan PNS atau ASN dari Jakarta ke ibu kota negara baru dilakukan bertahap dalam kurun waktu lima tahun. Pemindahan dimulai pada 2023 dan selesai tahun 2027.

Nantinya pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap dengan menentukan kementerian/lembaga yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke IKN. Dengan proporsi kurang lebih 20 persen di tiap tahunnya atau kurang lebih 25.500 orang per tahun.

Dengan demikian ketika Presiden RI dan Wapres RI pindah ke IKN Baru pada 2024, sebanyak 20 persen ASN di tahap pertama sudah siap bekerja di Kalimantan Timur.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut