get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Wali Kota Helldy Sambut Kunker Wali Kota Singkawang Soal Kelola Sampah

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:59 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyambut secara langsung Kunker Pemkot Singkawang yang dipimpin Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Rabu (19/1) (dok. ist)

CILEGON, iNewsWali Kota Cilegon Helldy Agustian menyambut secara langsung kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kota Singkawang yang dipimpin Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Rabu (19/1).

Kunker tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan mempelajari tentang pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Dalam sambutannya, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian mengucapkan selamat datang atas kedatangan Wali Kota Singkawang beserta rombongan di kota Cilegon.

"Saya ucapkan selamat datang di Kota Cilegon untuk Wali Kota Singkawang beserta para rombongan yang turut mengikuti Kunjungan Kerja ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Helldy menjelaskan bahwa Kota Cilegon merupakan gerbang Pulau Jawa yang dihuni sebanyak 445 ribu jiwa serta memiliki 8 Kecamatan dan 43 Kelurahan.

"Kota Cilegon ini berada di ujung Pulau Jawa yang merupakan gerbangnya Pulau Jawa dengan jumlah penduduk kurang lebih 445 ribu jiwa dan memiliki 8 Kecamatan serta 43 kelurahan dengan PAD kurang lebih sebesar Rp717 miliar dan APBD kurang lebih sebesar Rp2,2 triliun," jelasnya.

Baca juga  Mau Belajar Pengelolaan Sampah, Datanglah ke Kota Cilegon

Selain itu, Helldy juga memaparkan di Kota Baja ini terdapat 216 industri. "Sebanyak 30 persen luas Kota Cilegon terdapat industri, dimana kurang lebih terdapat 216 industri yang terbagi menjadi 118 industri besar dan 98 industri kecil. Dari total itu terdapat 60 industri di pinggir pantai yang 40-nya yaitu industri Kimia dasar," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengaku dirinya sangat terharu atas penyambutan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon.

"Kami sangat terharu atas penyambutan yang luar biasa yang dilakukan pemerintah Kota Cilegon dan ini menjadi kenangan terindah untuk kami selama kunjungan kerja di Kota Cilegon ini, mulai dari penginapan sampai dengan penyambutan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon," ujarnya.

Lebih lanjut, Tjhai Chui Mie menyampaikan jika kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui cara pengolahan sampah di Kota Cilegon.

"Maksud dari kunjungan kerja ini kami ingin mempelajari tentang pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cilegon, kami juga ingin melakukan hal yang sama terkait dengan pengelolaan sampah ini sehingga nanti kedepannya dapat memberikan nilai yang ekonomis, dimana nantinya kota akan terlihat bersih serta juga dapat meningkatkan perekonomian di Kota Singkawang," ungkapnya.

Tjhai Chui Mie berharap dengan adanya Kunker ini dapat meminimalisir sampah di Kota Singkawang.

"Saya berharap dengan melakukan Kunker di Kota Cilegon ini mendapat masukan serta wawasan tentang cara mengelola sampah sehingga nanti kedepannya Kota Singkawang tidak memerlukan lagi TPA yang besar untuk menampung sampah, dimana hal ini justru akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk masyarakat," pungkasnya

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut